Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Teknik dan Analisis Ekonomi ESPA4428

April 01, 2022
Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Teknik dan Analisis Ekonomi ESPA4428

Sobat, salah satu cara untuk mengukur kemampuan kita dalam menyerap materi adalah dengan mengerjakan soal latihan. Setelah anda mengerjakan Soal Latihan Mandiri Teknik dan Analisis Ekonomi ESPA4428 Universitas Terbuka yang berisi 40 soal pilihan ganda. Berikut adalah Kunci Jawaban Soal Latihan Mandiri Teknik dan Analisis Ekonomi ESPA4428, Untuk itu buka kertas yang berisi jawaban yang sudah anda kerjakan, silahkan periksa jawaban anda dan cocokan dengan kunci jawaban. Jika skor anda diatas 80% berarti anda sudah menguasai materi, jika skor anda dibawah 80% berarti anda harus membaca dan memahami materi kembali. Cara menghitung skor adalah: Jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal dikali 100%.

Kunci Jawaban Soal latihan no. 1
A. Jawaban anda benar. Tujuan utama melakukan penelitian adalah untuk memajukan kesejahteraan umat manusia. Secara khusus, tiga tujuan utama melakukan penelitian adalah: (1) untuk mengembangkan disiplin sebuah ilmu tertentu, misalnya ilmu sosial seperti ekonomi, politik, dan hukum, serta ilmu pengetahuan alam seperti biologi, fisika, dan kimia. (2) Untuk dasar pembuatan kebijakan, misalnya kebijakan pemberantasan kemiskinan, kebijakan pemerataan pendapatan, dan kebijakan desentralisasi fiskal. (3) Untuk memecahkan masalah yang khusus di sebuah komunitas, misalnya kasus penggunaan obat terlarang di sebuah sekolah dasar
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 2
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar.  Metode bisa diartikan sebagai alat analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Dalam hal ini kita bisa membedakan metode menjadi dua, yakni metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif menyajikan informasi ke dalam data yang diujudkan dalam angka, dan kemudian dianalisis dengan berbagai alat bantu statistik yang saat ini sudah banyak dikembangkan. Alat bantu statistik yang banyak digunakan adalah penghitungan dan penaksiran mean populasi, analisis varians dan kovarians, regresi, Data Envelopment Analysis (DEA), Input-output Analysis (I-O), Analisis Jalur (Path Analysis), Structural Equation Model (SEM), dan sebagainya.Metode kualitatif bisa menggunakan segala jenis data, yakni data berbentuk angka (numerik), kategorik, narasi, monograf, maupun studi kasus. Namun demikian, data yang lazim digunakan adalah data primer. Dalam pencarian data primer dengan menyebar kuesioner dan in-depth interview, riset dengan metode kualitatif biasanya menggunakan pertanyaan yang bersifat terbuka (open-ended), dalam arti bahwa jawaban dari responden bisa berupa apa saja.
D. Jawaban anda salah.  

Kunci Jawaban Soal latihan no. 3
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda benar. Metode penelitian ilmiah adalah metode penelitian yang menggunakan kaidah ilmiah dalam prosesnya. Kaidah ilmiah mensyaratkan proses tersebut bersifat rasional (make sense), obyektif, dan menghasilkan hasil yang sama ketika dilakukan oleh orang lain dengan cara yang sama (bersifat repetitif).
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 4
A. Jawaban anda benar. Topik penelitian menggambarkan tema umum yang akan diteliti. Topik ini kemudian dijadikan dasar penulisan judul penelitian. Kualitas topik sangat menentukan kualitas penelitian yang akan dilakukan. Sebuah topik harus memberikan sumbangan bagi ranah keilmuwan, dikenal sebagai state-of-the-art (kebaruan)
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah.  

Kunci Jawaban Soal latihan no. 5
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Determinism berarti bahwa sebuah kejadian bisa jadi merupakan akibat dari kejadian yang lain, sehingga diperlukan analisis kausalistik (sebab-akibat) untuk melakukan prediksi dan kontrol. Empiricism berarti penggunaan koleksi data yang bisa menjadi bukti empiris yang bisa digunakan sebagai verifikasi untuk mendukung teori dan hipotesis. Parsimony berarti menjelaskan dengan cara yang paling ringkas. Proses generalisasi berarti mengambil kesimpulan tentang sesuatu yang besar (populasi) dengan dasar sesuatu yang kecil (dalam hal ini sampel)
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 6
A. Jawaban anda benar. Ketika masalah sudah berhasil ditemukan, yang harus dilakukan berikutnya adalah merumuskan masalah dengan lebih detail. Perumusan masalah memungkinkan peneliti untuk melakukan prosedur penelitian selanjutnya, yakni penentuan alat analisis, jenis data yang diperlukan, hipotesis penelitian (jika diperlukan), serta kajian akan penelitian sebidang. Perumusan masalah diperlukan untuk memfokuskan penelitian.
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 7
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda benar. Desain penelitian (research design) adalah spesifikasi metode dan prosedur untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi (data) yang dibutuhkan. Di dalamnya sudah ditetapkan metode pengumpulan data serta metode analisis yang akan digunakan, serta target populasi dan sampel yang akan digunakan. Desain penelitian bisa juga didefinisikan sebagai struktur dari sebuah riset. Tugasnya menyatukan proyek riset sebagai satu kesatuan. Desain digunakan untuk mengatur riset dan memperlihatkan bagaimana bagian-bagian utama dari sebuah riset, yakni sampel atau kelompok, pengukuran, treatment atau program, dan metode perlakuan, yang kesemuanya bertujuan menjawab pertanyaan inti di dalam sebuah riset.

Kunci Jawaban Soal latihan no. 8
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda benar. Desain Riset Deskriptif. Desain riset ini menggambarkan fenomena populasi sebagaimana adanya. Desain ini pada umumnya mengambil data mentah dan meringkasnya dalam bentuk yang bermanfaat. Berbagai ukuran statistik digunakan dalam desain riset ini, seperti ukuran tendensi sentral (mean, median, modus), dan ukuran persebaran (varians, standar deviasi), dan juga tampilan statistik seperti tabel dan gambar. Riset semacam ini tidak bermaksud mencari hubungan kausalitas antar variabel. Desain ini bisa juga dianggap sebagai desain kualitatif jika sampel yang diambil berukuran kecil dan data yang digunakan berasal dari kuesioner, interview, atau observasi.
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 9
A. Jawaban anda benar. Desain Riset Eksperimental. Desain riset ini melakukan eksperimen di mana peneliti memiliki kontrol atas beberapa kondisi di mana studinya berlangsung dan kontrol atas beberapa aspek dari variabel independen. Desain riset ini mengasumsikan adanya variabel independen yang bisa digunakan untuk mempengaruhi atau memprediksi nilai dari variabel yang lain (variabel dependen). Desain ini digunakan ketika peneliti memiliki kontrol atas proses uji kausalitas. Prosedur yang digunakan adalah memanipulasi variabel-variabel independen untuk menentukan pengaruhnya atas variabel dependen. Saat ini dalam ilmu ekonomi telah dikembangkan desain riset eksperimental dengan menggunakan laboratorium buatan seperti meneliti pengaruh pendapatan atas keputusan membeli dalam suatu lelang. Dalam hal ini dibuat lelang buatan dengan beberapa orang yang memiliki pendapatan berbeda dan dicatat respons para peserta lelang tersebut.
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah.  

Kunci Jawaban Soal latihan no. 10
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Desain Riset Sejarah (Historical). Merupakan koleksi dan evaluasi atas data yang berhubungan dengan kejadian di masa lalu yang digunakan untuk menggambarkan penyebab, akibat, dan tren yang mungkin bisa menjelaskan kejadian di masa kini dan masa yang akan datang. Kebanyakan data yang digunakan berupa arsip-arsip sejarah dan juga interview dengan pihak-pihak yang dianggap memiliki pengetahuan tentang sejarah tersebut.

Kunci Jawaban Soal latihan no. 11
A. Jawaban anda benar. Metode dan alat pengumpulan data akan sangat bergantung pada metode analisis yang digunakan.  Atau jika dibalik, metode dan alat pengumpulan data akan menghasilkan data yang menuntut alat analisis tertentu. Jika metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, jenis data yang diperlukan adalah data numerik atau data kategorik. Metode penelitian kualitatif bisa menggunakan data numerik dan kategorik, juga bisa menggunakan data yang berupa narasi, etnografi, maupun studi kasus.
B. Jawaban anda salah. Silahkan pelajari materi yang ada pada Modul  3
C. Jawaban anda salah. Silahkan pelajari materi yang ada pada Modul  3
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 12
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Data numerik lazimnya didapatkan dari sumber data yang sudah dipublikasikan (published), dikenal sebagai data sekunder. Sebagai contoh adalah data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, IMF, Bank Dunia, Bloomberg, DataStream, dan sebagainya

Kunci Jawaban Soal latihan no. 13
A. Jawaban anda benar. Survei statistik adalah suatu proses pengumpulan data primer dengan menanyai responden untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, peneliti tidak melakukan kontrol apapun terhadap obyek yang disurvei, tidak seperti dalam eksperimen statistik. Dalam metode survei, data-data tersebut bisa dikumpulkan dengan berbagai cara, yaitu dengan wawancara secara personal atau langsung, dengan menggunakan pesawat telepon, maupun dengan mengedarkan kuesioner tertulis.
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 14
A. Jawaban anda benar. Analisis validitas dibatasi sebagai tingkat kemampuan suatu alat untuk mengungkapkan sesuatu yang menjadi sasaran utama pengukuran tersebut. Dengan kata lain, dapat pula diartikan sebagai tes yang mengatakan seberapa cermat suatu ukuran melakukan fungsi ukurnya. Dari analisis ini kemudian diteruskan dengan uji reliabilitas untuk memperoleh konsistensi jawaban. Sebuah teknik yang bisa dipakai untuk menguji validitas adalah teknik product moment dari Karl Pearson untuk menemukan koefisien korelasi antara X dan Y
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 15
A. Jawaban anda salah.  
B. Jawaban anda benar. Reliabilitas bisa didefinisikan sebagai ukuran yang dipakai untuk menunjukkan kestabilan dan konsistensi hasil suatu alat ukur yang dipakai dalam pengukuran. Pengukuran ini bisa menggunakan teknik Hoyt yang mampu menghitung nilai uji dengan sekali jalan dan mampu mengukur reliabilitas daftar pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan yang tetap
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah.  

Kunci Jawaban Soal latihan no. 16
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Judgement sampling atau penarikan sampel judgement adalah sebuah metode di mana dalam memilih anggota sampel seorang peneliti menggunakan pengalamannya sebagai dasar penilaiannya. Dengan penilaian berdasarkan pengalamannya tersebut dia berusaha agar sampelnya sedapat mungkin mewakili populasi. Contohnya adalah seorang akuntan yang memilih hanya catatan-catatan tertentu untuk memeriksa sampel dengan dasar pertimbangan (menurut pengalamannya) bahwa catatan-catatan tersebut adalah catatan-catatan yang paling mewakili semua catatan-catatan yang ada secara umum.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 17
A. Jawaban anda benar. Random sampling atau penarikan sampel random adalah sebuah prosedur sampling di mana setiap elemen dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Dari tiga metode sampling yang telah diterangkan di atas, metode random sampling mempunyai sifat yang istimewa. Metode random sampling menggunakan teori probabilitas dalam penarikan sampelnya, sehingga error sampling atau variasi yang berkaitan dengan samplingnya bisa digambarkan dengan dasar konsep probabilitas. Variasi sampling yang ada dalam sampel konvenien atau sampel judgement tidak berasal dari proses peluang atau probabilitas, dan dengan demikian hasil-hasil sampelnya tidak dapat digunakan untuk inferensi statistik.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 18
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda Benar. Cluster sampling adalah suatu metode random sampling di mana anggota-anggota dalam target populasi dipilih dalam kelompok-kelompok dan bukannya secara individual dalam langkah awal dari proses sampling. Kelompok yang dimasukkan dalam sampel dipilih secara sampel random sederhana. Maka kelompok-kelompok dalam populasi target harus disusun dalam nomor berseri, dan kemudian kelompok-kelompok sampel dapat dipilih dengan mengacu pada tabel nomor random. Cluster random sampling sering digunakan jika elemen-elemen dalam populasi tidak mudah untuk diidentifikasi secara individual tetapi lebih mudah jika dikelompokkan secara bersama (clustered) dan lebih mudah untuk mengidentifikasi sebagai anggota dari suatu cluster
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 19
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Judul penelitian merupakan abstraksi paling ringkas dari sebuah penelitian. Dengan demikian, judul penelitian harus bisa menggambarkan apa yang akan dilakukan dalam penelitian tersebut. Semakin panjang sebuah judul penelitian, semakin fokus penelitian yang akan dilakukan.
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 20
A. Jawaban anda benar. Pendahuluan memaparkan tujuan penelitian secara lebih rinci, motivasi pentingnya topik penelitian untuk diteliti, hipotesis penelitian, dan rencana penyelesaian penelitian (desain riset secara ringkas). Motivasi penelitian mendapatkan porsi yang paling besar dalam Pendahuluan, sedang hal-hal lain seperti data, alat analisis, disain riset, serta kajian pustaka akan dibahas dalam bab tersendiri. Rincian tentang motivasi penelitian diperlukan untuk mengakomodasi sifat aplikatif dan sifat kebaruan dari judul tersebut. Sifat aplikatif tidak harus berarti bahwa penelitian tersebut harus segera mendapatkan hasilnya dalam jangka pendek.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 21
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Sifat (karakteristik) model yang paling penting adalah penggunaan representasi untuk menggambarkan aspek-aspek khusus dari sebuah fenomena atau alur interaksi di antara satu kelompok fenomena. Sebagai contoh, model dari sebuah rumah tentu saja bukanlah rumah yang sebenarnya, tetapi bisa dikatakan bahwa aspek-aspek dari sebuah rumah yang direpresentasikan dalam sebuah model adalah merupakan representasi dari rumah yang sesungguhnya. Misalnya, genteng dalam model rumah tersebut memiliki bentuk yang sama dengan genteng sesungguhnya, tetapi dengan bahan dan ukuran yang berbeda

Kunci Jawaban Soal latihan no. 22
A. Jawaban anda benar. Variabel memiliki dua arti penting. Pertama, variabel merupakan perwujudan dari sebuah konsep. Sebagai contoh, konsumsi merupakan besaran yang mencatat jumlah barang dan jasa yang digunakan oleh suatu masyarakat. Jumlah uang beredar, sering disebut sebagai money supply, merupakan perwujudan dari total jumlah uang kartal dan uang giral (harap diperhatikan bahwa terdapat ini merupakan versi jumlah uang beredar M1). Karena teori berisi penjelasan hubungan antar konsep, maka peran variabel dalam teori, dan dengan demikian juga dalam model, adalah sangat sentral. Kedua, variabel berisi data tentang konsep tersebut. Misalnya jumlah uang beredar dalam kategori M1 berisi data tentang jumlah uang kartal dan uang giral dari waktu ke waktu (data time-series), dari satu negara ke negara yang lain (data cross-section).
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 23
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Hubungan fungsional adalah hubungan antara variabel independen dan variabel dependen yang bersifat satu arah. Secara matematis hubungan fungsional didefinisikan sebagai: y adalah fungsi dari x jika dan hanya jika terdapat hubungan satu-satu antara tiap nilai x dan nilai y
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 24
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Korelasi mengukur derajat asosiasi antara dua variabel atau lebih. Korelasi antar dua buah variabel, misalkan antara tingkat kurs dan harga saham, sering kali disebabkan oleh pengaruh dari variabel yang lain, misalnya inflasi, terhadap dua variabel tersebut. Misalkan terdapat inflasi, maka tingkat kurs (misalkan USD/Rp) akan meningkat. Di sisi yang lain, inflasi akan meningkatkan harga seluruh komoditas domestik (di Indonesia), termasuk juga harga saham. Dalam hal ini akan kita dapatkan bahwa tingkat kurs dan harga saham berkorelasi positif

Kunci Jawaban Soal latihan no. 25
A. Jawaban anda benar. Kausalitas mengukur pengaruh perubahan suatu variabel terhadap perubahan variabel yang lain. Berbagai teknik telah dibangun untuk mengukur hubungan kausalitas antar variabel, misalnya konsep elastisitas, ANOVA (satu arah, dua arah, dan dua arah dengan interaksi), uji independensi, regresi, dan contagion (domino effect/ efek penularan). Konsep elastisitas mengukur persentase perubahan sebuah variabel sebagai akibat perubahan variabel lainnya. Konsep ini banyak digunakan dalam teori ekonomi mikro, misalnya elastisitas permintaan-harga, elastisitas permintaan-pendapatan, elastisitas permintaan silang, elastisitas penawaran-harga, elastisitas penawaran-pendapatan, dan elastisitas penawaran silang
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 26
A. Jawaban anda benar. ANOVA atau Analysis of Variance, pada dasarnya menguji beda mean antar kelompok, dengan cara membandingkan varians hasil sebuah perlakuan (treatment) dengan varians total ketika dianggap semua observasi berasal dari satu kelompok yang sama. Jika perbedaan varians cukup besar, maka kita akan berkesimpulan bahwa treatment tersebut memang penting untuk dilakukan. Kita bisa menguji, misalnya, pengaruh jenis training terhadap kinerja karyawan. Dengan metode training berfokus pada pemahaman teori di kelas (treatment 1) dan metode training berfokus pada praktik lapangan (treatment 2), kita kemudian mencari perbedaan varians antar dua kelompok tersebut, dan kemudian melakukan analisis varians dengan tujuan akhir mengetahui perbedaan rata-rata kinerja antar dua kelompok tersebut.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 27
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda benar. Dalam analisis regresi time-series, variabel yang digunakan harus bersifat stasioner (stationary) untuk menghindarkan model regresi yang salah (spurious regression). Namun sayangnya kebanyakan variabel ekonomi tidak stasioner sehingga berbagai langkah perlu dibangun untuk mengatasinya

Kunci Jawaban Soal latihan no. 28
A. Jawaban anda benar. Sebuah model ekonomi adalah sebuah kerangka konseptual yang membantu kita dalam memahami, menggambarkan, dan/atau memprediksi perilaku manusia. Analisis empirik formal, observasi, dan introspeksi memainkan peran dalam menunjukkan hubungan antara model-model ekonomi dan dunia nyata. Berikut ini akan dipaparkan tujuh prinsip yang sebaiknya dipenuhi agar model kita menjadi model yang baik
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 29
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda benar. Sebuah model adalah tractable jika model tersebut mudah untuk dianalisis. Model yang tractable seyogianya bisa dipecahkan dengan metode analisis sederhana. Model yang non-tractable biasanya tidak mudah, atau butuh waktu yang sangat lama, untuk dipecahkan, bahkan dengan komputer dan software yang andal sekalipun. Contoh model yang tidak tractable adalah model-model yang memiliki banyak variabel. Contoh lain adalah model dengan bentuk hubungan fungsional yang kompleks. Dengan demikian dapat kita lihat bahwa ada hubungan antara model yang parsimony dan model yang tractable. Dengan kata lain, model yang parsimonious biasanya adalah model yang tractable
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 30
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Sebuah model bisa memiliki prediksi yang tepat ketika model tersebut membuat prediksi yang precise atau kuat. Prediksi yang kuat merupakan kriteria yang diinginkan karena bisa memfasilitasi evaluasi model dan uji model. Ketika sebuah model membuat prediksi yang kuat, akan mudah untuk menyalahkan model tersebut secara empiris, bahkan hanya dengan data yang sedikit. Sebuah model dengan predictive precision juga memiliki potensi yang besar untuk bisa berguna secara praktis jika model tersebut lolos dari uji empiris. Model dengan predictive precission merupakan alat yang berguna bagi para pembuat keputusan yang mencoba membuat ramalan atas masa yang akan datang atau membuat keputusan untuk kasus tertentu
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 31
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Langkah pertama dalam pembentukan model ekonomi adalah mencari ide penelitian yang baik. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan banyak ide, kemudian membuang ide yang tidak baik dan menyisakan hanya ide yang baik saja

Kunci Jawaban Soal latihan no. 32
A. Jawaban anda benar Langkah-langkah pembentukan model membahas hal-hal praktis yang bisa kita lakukan dalam membangun model, dimulai dari proses pencarian ide sampai dengan proses generalisasi model yang kita bangun. Secara lebih detail, langkah dalam pembentukan model terbagi sebagai berikut: Pencarian ide (Getting ideas)<!--[endif]-->Apakah ide yang kita dapatkan cukup berharga untuk dikembangkan?Jangan melihat literatur terlalu awal<!--[endif]-->Membangun modelGeneralisasikan model yang dikembangkan
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 33
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda benar. Ekonomterika sebenarnya merupakan pengembangan dari statistika yang diterapkan dalam data-data ekonomi. Alat utama dalam ekonometrika adalah regresi. Ekonometrika memiliki perkembangan yang lebih rumit dari pada statistika. Berbagai model lanjut seperti bentuk permodelan yang tepat, uji-uji kebaikan model, isu-isu permodelan dari model sederhana ke model umum (biasa dikenal sebagai STOG, yakni specific-to-general approach) dan umum ke sederhana (GETS, yakni general-to-specific approach), bahkan berbagai jenis model seperti statis, simultan dan dinamis dibahas dalam ekonometrika. Ekonometrika juga mengulas teknik-teknik khusus untuk menganalisis data cross-section (lintas ruang), time-series (lintas waktu), dan gabungan keduanya (panel data). Selain itu ekonometrika juga membahas model statis dan dinamis
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 34
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Structural Equation Model (SEM) pada intinya memetakan hubungan antar variabel dalam sebuah persamaan simultan. Untuk mencari hubungan antar variabel dalam setiap persamaan, bisa digunakan analisis regresi. Dengan demikian, untuk memahami DEA seorang peneliti harus memahami juga dasar-dasar regresi dan analisis jalur (path analysis).

Kunci Jawaban Soal latihan no. 35
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Model ekonometrika bisa dibedakan menjadi tiga kelompok menurut jenis data yang digunakan. Pertama adalah model cross-sectional, di mana data yang digunakan adalah data dalam satu periode waktu yang sama. Kedua adalah model time-series di mana data yang digunakan adalah data runtun waktu. Ketiga adalah model data panel di mana data yang digunakan adalah gabungan antara data cross-section dan data time series
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 36
A. Jawaban anda benar. Variabel independen adalah variabel stimulus atau input yang mempengaruhi perilaku variabel dependen. Dua hal yang perlu dicermati dari variabel independen adalah: (1) variabel ini merupakan penyebab perubahan dalam variabel dependen. (2) fokus peneliti terhadap variabel independen adalah pada pengaruhnya pada variabel dependen, bukan pada apa yang mempengaruhi variabel independen tersebut. Namun perlu dicatat bahwa dalam suatu sistem persamaan simultan, yakni sistem persamaan yang memiliki lebih dari satu persamaan, sebuah variabel independen dalam sebuah persamaan bisa menjadi variabel dependen dalam persamaan yang lain. Variabel independen kadang kala disebut variabel eksogen karena nilainya ditentukan di luar model. Dalam terminologi model regresi, variabel dependen dinamakan juga regresor.
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 37
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda benar. Variabel dependen merupakan variabel respons atau output. Variabel adalah faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan pengaruh dari variabel independen. Variabel ini akan berubah mengikuti variasi dari variabel independen. variabel ini dinamakan variabel dependen karena nilainya dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel dependen kadang kala disebut variabel endogen karena nilainya ditentukan di dalam model. Dalam terminologi model regresi, variabel dependen dinamakan juga regresan
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 38
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda benar. Variabel Moderator merupakan variabel independen yang dimasukkan ke dalam model untuk mengetahui apakah pengaruh variabel independen utama tetap stabil. Sebagai contoh, kita ingin menyelidiki perilaku kesejahteraan masyarakat (variabel dependen). untuk itu kita menominasikan situasi politik dan kekayaan sumber daya alam sebuah negara sebagai variabel utama. Tetapi kita juga memasukkan variabel lain, yakni variabel investasi asing (foreign direct investment, yakni investasi yang dilakukan perusahaan dari negara lain di negara tersebut) untuk mengetahui stabilitas pengaruh dua variabel utama di atas.
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda salah. 

Kunci Jawaban Soal latihan no. 39
A. Jawaban anda salah. 
B. Jawaban anda salah. 
C. Jawaban anda salah. 
D. Jawaban anda benar. Variabel Kontrol adalah variabel yang dijaga dalam nilai konstan agar pengaruh satu variabel ke variabel yang lain bisa dianalisis. Variabel kontrol banyak dilakukan dalam penelitian di ilmu pengetahuan alam (natural sciences), seperti fisika dan kimia, atau biologi. Untuk mengetahui pengaruh pupuk terhadap hasil panen, seorang peneliti menanam padi di dua areal yang kondisinya dibuat sama, yakni kondisi kesuburan tanah, curahan matahari, volume air, bibit yang digunakan, dan jenis obat-obatan dibuat sama. Satu-satunya komponen yang dibuat berbeda adalah pupuk yang digunakan. Dengan cara ini, peneliti tersebut mengontrol berbagai variabel di atas.

Kunci Jawaban Soal latihan no. 40
A. Jawaban anda benar. Variabel Intervening adalah variabel yang berpengaruh terhadap fenomena yang diobservasi tetapi tidak bisa dilihat, diukur, atau dimanipulasi. Sebagai contoh adalah perilaku dan pengalaman dalam menjelaskan kinerja karyawan perusahaan
B. Jawaban anda salah.  
C. Jawaban anda salah.  
D. Jawaban anda salah.  






Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka


Artikel Terkait

Previous
Next Post »