Soal Latihan Mandiri Ekonomi Moneter II ESPA4411

Agustus 24, 2017


Saudara-saudara mahasiswa Universitas Terbuka

Selamat berjumpa dalam Tutorial Universitas Terbuka dalam bentuk kegiatan Latihan Mandiri, khususnya mata kuliah Ekonomi Moneter II ESPA4411. Kegiatan ini merupakan ajang pelatihan dan pengenalan bentuk soal yang akan diujikan pada Ujian Akhir Semester (UAS), dan juga sekaligus sebagai wahana untuk mengetahui seberapa jauh materi ini telah Anda kuasai. Silakan dikerjakan dengan bersungguh-sungguh, karena dengan berusaha keras Anda akan mendapatkan apa yang diinginkan. Selamat mengerjakan LM ini dan sukses selalu buat Anda semuanya!
Petunjuk Soal : Nomor 1 - 50
Pilihlah salah satu jawaban yang benar A, B. C atau D dari pertanyaan-pertanyaan dibawah ini
Selamat Mengerjakan, semoga berhasil.

1. Kurva permintaan agregat turun miring dari kiri atas ke kanan bawah menunjukkan bahwa harga naik, maka nilai riil uang...

 A. naik
 B. turun
 C. tetap
 D. tidak tentu

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Kurva permintaan agregat turun miring dari kiri atas ke kanan bawah, dikatakan juga mempunyai kemiringan negatif, alasannya apabila harga naik maka nilai uang riil turun. Turunnya nilai uang riil akan mendorong tingkat bunga naik. Selanjutnya kenaikan tingkat bunga akan menurunkan pengeluaran total melalui penurunan investasi. Pada akhirnya, turunnya investasi akan memperkecil output.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


2. Kebijaksanaan moneter dan fiskal yang ekspansif akan menggeser kurva permintaan agregat ke ....

 A. kanan bawah
 B. kanan atas
 C. kiri bawah
 D. kiri atas

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Karena kurva permintaan agregat diturunkan dari titik potong antara kurva IS dan kurva LM, maka akan menggeser salah satu kurva agregat, baik akibat dari diberlakukannya kebijakan fiskal maupun moneter. Kebijaksanaan moneter dan fiskal yang ekspansif akan menggeser kurva permintaan agregat ke kanan atas, harga akan naik.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


3. Kurva permintaan agregat akan makin datar apabila :

 A. elastisitas permintaan uang terhadap tingkat bunga makin besar
 B. elastisitas investasi terhadap tingkat bunga makin kecil
 C. elastisitas permintaan uang terhadap pendapatan makin besar
 D. angka multiplier makin besar

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Kurva permintaan agregat akan makin datar apabila : 1) elastisitas permintaan uang terhadap tingkat bunga makin kecil; 2) elastisitas investasi terhadap tingkat bunga makin besar; 3) elastisitas permintaan uang terhadap pendapatan makin kecil; 4) angka multiplier makin besar


4. Penggunaan tenaga kerja yang optimal adalah pada saat nilai produk marginal...

 A. > upah
 B. < upah
 C. = upah
 D. ? upah

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Pengusaha akan menambah tenaga kerja selama nilai produk marjinal ini masih lebih tinggi dari nilai upah yang dibayarkan.  Penambahan tenaga kerja akan berhenti manakala nilai produk marjinal sama dengan upah, dapat dikatakan bahwa penggunaan tenaga kerja yang optimal adalah pada saat nilai produk marjinal sama dengan upah.
Jawaban Anda salah !


5. Kurva penawaran agregat menurut versi Keynes yang kurang ekstrem berbentuk ...

 A. vertikal
 B. horizontal
 C. lereng positif
 D. lereng negatif

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Kurva penawaran agregat diturunkan dengan menggabungkan fungsi produksi dengan pasar tenaga kerja. Ada dua versi penawaran agregat, yakni versi Klasik dan Keynes. Versi klasik dengan anggapan upah dan harga fleksibel, kurva penawaran agregat vertikal. Sedang versi Keynes dengan anggapan kekakuan upah (rigid wage) kurva penawaran agregat berbentuk huruf L terbalik (untuk yang ekstrem) dan mempunyai lereng positif untuk yang kurang ekstrem.
Jawaban Anda salah !


6. Involuntary unemployment adalah....

 A. buruh yang tidak bekerja karena memang tidak ingin bekerja
 B. buruh yang ingin bekerja tetapi tidak memperoleh pekerjaan
 C. buruh yang bekerja karena terpaksa
 D. buruh yang bekerja secara sukarela

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Implikasi dari sukarnya upah nominal untuk turun terhadap pasar tenaga kerja adalah pada tingkat upah tertentu, jumlah tenaga kerja yang mencari pekerjaan lebih besar daripada keinginan pengusaha untuk mempekerjakan. Konsekwensi dari ketidakseimbangan ini bahwa jumlah buruh yang betul-betul bekerja ditentukan oleh pengusaha. Akibatnya terdapat sebagian buruh yang ingin bekerja tetapi tidak memperoleh pekerjaan sehingga terjadilah involuntary unemployment.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


7. Proses kenaikan harga-harga umum barang secara terus-menerus adalah ...

 A. devaluasi
 B. inflasi
 C. deflasi
 D. evaluasi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar !   Inflasi adalah proses kenaikan harga-harga umum barang secara terus-menerus. Kenaikan berbagai macam harga barang itu tidak selalu dengan persentase yang sama, mungkin kenaikan tersebut terjadi tidak bersamaan. Yang utama adalah terdapat kenaikan harga umum barang secara terus-menerus selama suatu periode tertentu
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


8. Inflasi yang ditandai dengan kenaikan harga serta turunnya produksi adalah ....

 A. demand-pull inflation
 B. cost push inflation
 C. creeping inflation
 D. galloping inflation

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Cost push inflation biasanya ditandai dengan kenaikan harga serta turunnya produksi. Merupakan inflasi yang diikuti dengan resesi.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


9. Apabila kenaikan permintaan menyebabkan keseimbangan GNP melebihi GNP pada full employment maka akan terdapat ...

 A. hyper inflation
 B. cost push inflation
 C. creeping inflation
 D. inflationary gap

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Demand pull inflation bermula dari adanya kenaikan permintaan total (aggregate demand)sedangkan produksi telah berada keadaan kesempatan kerja penuh (full employment) atau mendekati kesempatan kerja penuh.  Dalam keadaan hampir kesempatan kerja penuh, kenaikan permintaan total di samping menaikkan harga dapat pula menaikkan hasil produksi (output).  Apabila kesempatan kerja penuh telah tercapai, penambahan permintaan selanjutnya hanya akan menaikkan harga saja (inflasi murni).  Apabila kenaikan permintaan ini menyebabkan keseimbangan GNP melebihi GNP pada full employment maka  akan terdapat adanya inflationary gap. Inflationary gap inilah yang dapat menimbulkan inflasi.


10. Pengaturan tentang pengeluaran pemerintah serta perpajakan yang secara langsung dapat mempengaruhi permintaan total, merupakan cara mengatasi inflasi melalui kebijakan .....

 A. moneter
 B. fiskal
 C. yang berkaitan dengan output
 D. penentuan harga indeks

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Kebijakan fiskal menyangkut pengaturan tentang pengeluaran pemerintah serta perpajakan yang secara langsung dapat mempengaruhi permintaan total dan dengan demikian akan mempengaruhi harga. Inflasi dapat dicegah melalui penurunan permintaan total. Kebijaksanaan fiskal yang berupa pengurangan pengeluaran pemerintah serta kenaikan pajak akan dapat mengurangi permintaan total, sehingga inflasi dapat ditekan.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


11. Faktor yang dapat menjelaskan pergeseran kurva Phillips sehingga tidak ada trade off antara inflasi dan unemployment, adalah ...

 A. kenaikan upah
 B. Kebijakan pemerintah
 C. stagnasi
 D. ekspektasi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Krisis minyak yang terjadi pada pertengahan tahun 1970-an menimbulkan apa yang disebut stagflasi (stagnasi dan inflasi).  Inflasi dan unemployment naik secara bersama-sama, dengan demikian keberadaan kurva Phillips dipertanyakan. Kurva Phillips telah bergeser.  Dengan kata lain, trade off antara inflasi dan unemployment tidak ada. Faktor ekspektasi (khususnya ekspektasi harga /inflasi) yang dapat menjelaskan pergeseran kurva Phillips tersebut sehingga dalam jangka panjang kurva ini menjadi vertikal, dengan demikian tidak ada trade off antara inflasi dan unemployment.


12. Hubungan antara tingkat perubahan upah dengan tingkat pengangguran adalah ...

 A. positif
 B. negatif
 C. netral
 D. tidak ada

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Tingkat perubahan upah mempunyai hubungan searah (positif) dengan kelebihan permintaan tenaga kerja, makin besar kelebihan permintaan akan tenaga kerja tingkat perubahan upah juga makin besar.  Sedangkan kelebihan permintaan tenaga kerja mempunyai hubungan terbalik (negatif) dengan tingkat pengangguran, makin besar kelebihan permintaan tenaga kerja maka pengangguran cenderung makin kecil.  Dari hubungan ini diperoleh kesimpulan bahwa tingkat perubahan upah mempunyai hubungan terbalik (negatif) dengan tingkat pengangguran, makin besar tingkat pengangguran, tingkat perubahan upah makin kecil.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


13. Dalam ekonomi Keynes, penghubung utama antara sektor moneter dengan sektor riil adalah ...

 A. portofolio
 B. kebijakan
 C. investasi
 D. tingkat bunga

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Dalam ekonomi Keynes, tingkat bunga merupakan penghubung utama antara sektor moneter dengan sektor riil. Perubahan jumlah uang, misalnya akan mempengaruhi tingkat bunga. Perubahan tingkat bunga akan mempengaruhi investasi atau mungkin juga konsumsi.  Investasi merupakan bagian dari pengeluaran agregat (aggregate expenditure).  Perubahan dalam pengeluaran agregat pada akhirnya akan mempunyai efek ganda terhadap keseimbangan pendapatan nasional.  Dengan demikian, tingkat bunga yang merupakan biaya modal dapat dipandang sebagai indikator pengaruh kebijakan moneter (sektor moneter) terhadap keseimbangan pendapatan (sektor riil).


14. Jangka waktu antara perubahan dalam instrumen kebijakan moneter dengan efek dari kebijakan moneter tersebut dalam kegiatan ekonomi, disebut ...

 A. recognition lag
 B. administrative lag
 C. outside lag
 D. inside lag

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Outside atau impact lag adalah jangka waktu antara perubahan dalam instrumen kebijakan moneter dengan efek dari kebijakan moneter tersebut dalam kegiatan ekonomi.  Lag  ini mengukur lamanya waktu mentransfer perubahan kebijakan moneter terhadap efeknya terhadap kegiatan ekonomi
Jawaban Anda salah !


15. Kebijakan moneter yang ditujukan untuk menstabilkan perekonomian seringkali justru berakhir dengan timbulnya ketidakstabilan, hal ini akibat adanya...

 A. tenggang waktu (lag)
 b. policy error
 c. real balance effect
 D. kepastian

Jawaban Anda benar ! Masalah lag sangat penting terutama dalam kaitannya dengan kebijakan stabilisasi.  Lag ini menunjukkan efisiensi kebijakan  moneter. Adanya tenggang waktu (lag) inilah sering menyebabkan kebijakan moneter yang ditujukan untuk stabilisasi kegiatan ekonomi malah berakhir dengan ketidakstabilan.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


16. Apabila ketidakstabilan sektor moneter lebih besar daripada sektor riil, maka kebijakan yang lebih baik adalah ....

 A. jumlah uang beredar (JUB)
 B. penetapan tingkat bunga
 C. peningkatan pendapatan
 D. penetapan pajak

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Jarak LM1-LM2 lebih besar daripada IS1-IS2, yang menggambarkan bahwa ketidakpastian di sektor moneter lebih besar daripada sektor riil.  Dalam keadaan ini kemungkinan kesalahan dari kebijakan (policy error) penetapan tingkat bunga sebesar Y2Y3, lebih kecil darpada kemungkinan kesalahan akibat kebijakan JUB yang diambil, yakni Y1Y4.  Dengan demikian kebijakan tingkat bunga lebih baik dibanding dengan kebijakan JUB.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


17. Apabila efek penambahan pengeluaran pemerintah terhadap kegiatan ekonomi adalah nol, maka dikatakan telah terjadi

 A. diminishing return
 B. subsequent effect
 C. initial effect
 D. crowding out

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Crowding out biasanya menunjukkan efek kebijakan fiskal terhadap kegiatan ekonomi.  Apabila terjadi penambahan pengeluaran pemerintah (investasi pemerintah), apakah itu dibiayai dengan penarikan pajak ataupun dengan pengeluaran obligasi, tidak dapat mendorong kegiatan ekonomi (efeknya terhadap kegiatan ekonomi nol) maka dikatakan bahwa telah terjadi crowding out. Pengeluaran investasi pemerintah diimbangi oleh penurunan investasi swasta dalam jumlah yang sama.


18. Dalam kasus efek kebijakan fiskal, Friedman berpendapat bahwa kebijakan fiskal yang dibiayai dengan pengeluaran obligasi akan meyebabkan ....

 A. besar
 B. kecil
 C. tidak berubah
 D. berubah-ubah

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Dalam kasus efek kebijakan fiskal, Friedman berpendapat bahwa kebijakan fiskal yang dibiayai dengan pengeluaran obligasi adalah terjadinya pergeseran kurva IS dari IS1 ke IS2 dalam arah yang berlawanan dengan pergeseran IS0 ke IS1 dan dalam ukuran yang sama sehingga pendapatan tidak berubah.
Jawaban Anda salah !


19. Hipotesis yang mengatakan bahwa pengaruh kebijakan moneter dtransfer melalui perubahan dana perbankan yang kemudian akan mempengaruhi tingkat bunga adalah Jalur...

 A. Tingkat Bunga
 B. Jumlah Uang Beredar
 C. Langsung
 D. Kekayaan

Jawaban Anda benar ! Pada prinsipnya hipotesis ini mengatakan bahwa pengaruh kebijakan moneter ditransfer melalui perubahan dana perbankan yang kemudian akan mempengaruhi tingkat bunga. Perubahan tingkat bunga pada gilirannya akan mempengaruhi permintaan agregat melalui pengeluaran investasi dan atau konsumsi.
Jawaban Anda salah!
Jawaban Anda salah!
Jawaban Anda salah!


20. Menurut Jalur Jumlah Uang Beredar, target operasionalnya adalah

 A. tingkat bunga
 B. dana perbankan
 C. pertumbuhan jumlah uang beredar
 D. uang inti

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Variabel indikator jalur jumlah uang beredar adalah pertumbuhan jumlah uang beredar dengan target operasional uang inti (base money). Pengaruh kebijakan moneter pertama mempengaruhi uang inti, kemudian jumlah uang beredar. Perubahan jumlah uang beredar langsung mempengaruhi permintaan agregat.


21. Menurut Monetarist inflasi timbul sebagai akibat ...

 A. defisit anggaran
 B. bertambahnya jumlah uang
 C. penurunan ekspor
 D. kenaikan impor

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Faktor utama kenaikan permintaan agregat adalah kenaikan jumlah uang (sebagai akibat kebijakan moneter yang ekspansif dari bank sentral).Dengan demikian Monetarist menyalahkan bank sentral sebagai penyebab terjadinya inflasi. Inflasi timbul sebagai akibat bertambahnya jumlah uang. Monetarist menentang pendapat Keynesian yang mengatakan bahwa inflasi timbul karena adanya defisit anggaran belanja. Menurut Monetarist, defisit anggaran belanja akan menimbulkan inflasi manakala defisit ini mendorong bank sentral untuk menambah uang.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


22. Indikator penting dari kebijakan moneter menurut Monetarist adalah ...

 A. jumlah uang
 B. cadangan bank
 c. jumlah kredit
 d. tingkat bunga

Jawaban Anda benar ! Monetarist menekankan pada mekanisme transimisi langsung, yakni adanya hubungan (pengaruh) langsung antara jumlah uang beredar dengan kegiatan ekonomi dengan menganggap adanya kestabilan dalam permintaan uang. Oleh karena itu indikator kebijakan moneter yang paling baik menurut Monetarist adalah besarnya jumlah uang beredar.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


23. Salah satu persamaan antara Keynesian dan Monetarist adalah pandangan mereka dalam hal ....

 A. kebijakan stabilisasi
 B. sektor swasta
 C. inflasi
 D. mekanisme transmisi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Dalam hal mekanisme transmisi, antara Keynesian dan Monetarist telah ada kesepakatan terutama mengenai teori portofolio.  Proses transmisi kebijakan moneter merupakan proses penyesuaian portofolio individu yang kemudian dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi.


24. Untuk menentukan kebijakan/kombinasi kebijakan yang harus diambil untuk situasi ekonomi yang berbeda agar tercapai keseimbangan internal dan eksternal biasanya menggunakan alat analisis yang disebut :

 A. Diagram Swan
 B. Kurva Laffer
 C. Kurva Philllips
 D. Diagram Blinder & Sollow

Jawaban Anda benar ! Keseimbangan internal terjadi apabila terdapat keseimbangan di pasar dalam negeri, baik pasar barang (termasuk pasar tenaga kerja) maupun pasar uang. Sedangkan keseimbangan eksternal terjadi apabila neraca pembayaran internasional seimbang. Tujuan pemerintah ingin mencapai kedua keseimbangan tersebut secara bersama-sama dan kalau mungkin juga pada keadaan full employment. Untuk mencapai keseimbangan tujuan tersebut pemerintah dapat mengambil kebijakan moneter, fiskal, exchange rate atau kombinasi. Efek kebijakan ini sangat bergantung pada kurs yang dianut apakah kurs tetap atau berubah-ubah, serta keadaan ekonomi pada awal mula sebelum kebijakan dilakukan. Guna menentukan kebijakan/kombinasi kebijakan yang harus diambil untuk situasi ekonomi yang berbeda biasanya digunakan alat analisis (grafik) yang dikembangkan oleh Trevor Swan dari Australian National University, yang disebut Diagram Swan
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


25. Untuk mencapai keseimbangan internal dan eksternal serta full employment, dalam suatu negara yang mengalami surplus serta unemployment (kurs tetap), dapat digunakan kombinasi kebijakan moneter dan fiskal sebagai berikut ...

 A. kebijakan moneter kontraktif dan fiskal ekspansif
 B. kebijakan moneter ekspansif dan fiskal kontraktif
 C. kedua-duanya ekspansif
 D. kedua-duanya kontraktif

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Pada suatu negara yang mengalami surplus dalam neraca pembayaran serta dalam negeri ada unemployment, untuk mencapai keseimbangan eksternal dan internal serta full employment (titik H), dapat digunakan kombinasi kebijakan moneter dan fiskal yang kedua-duanya ekspansif. Kombinasi kebijakan tersebut dapat digambarkan dengan bergesernya kurva IS dan LM masing-masing menjadi IS1 dan LM1 serta berpotongan pada titik H.
Jawaban Anda salah !


26. Kebijakan yang lebih efektif untuk negara kecil dengan sistem kurs bebas adalah kebijakan ...

 A. moneter
 B. fiskal
 C. expenditures switching
 D. revaluasi

Jawaban Anda benar ! Kebijakan moneter dalam sistem kurs bebas di negara kecil, yang dianalisis dengan kurva IS-LM-BOP. Kurva BOP adalah horizontal, seperti gambar berikut : Kebijakan moneter yang ekspansif akan menggeser kurva LM ke kanan bawah, LM1, dan menekan tingkat bunga turun, tetapi tidak terealisir, alternatifnya terjadi aliran modal ke luar negeri sehingga kurs valuta asing naik (devaluasi). Kenaikan kurs berdampak bergesernya kurva IS ke kanan atas IS1. Kesempatan baru di titik B, terjadi keseimbangan internal dan eksternal pada tingkat pendapatan full employment, yang menunjukkan kebijakan moneter efektif pada kurs bebas.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


27. Kritik terhadap model IS-LM-BOP, yaitu model ini berlaku hanya untuk...

 A. analisis jangka pendek
 B. analisis jangka panjang
 C. negara kecil
 D. negara besar

Jawaban Anda benar ! Model IS-LM-BOP memandang neraca pembayaran sebagai konsep aliran (flow), sedangkan aliran modal yang menyebabkan perubahan modal yang ada di dalam negeri merupakan konsep stock. Perubahan variabel stock (modal) untuk mencapai mencapai keseimbangan neraca pembayaran (flow) adalah tidak mungkin. Oleh karena itu, model IS-LM-BOP hanya berlaku untuk analisis jangka pendek saja.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


28. Semakin besar risiko dari suatu bentuk kekayaan maka keuntungan yang diharapkan ...

 A. semakin kecil
 B. semakin besar
 C. tetap
 D. tidak dapat dipastikan

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Bentuk atau jenis kekayaan dibedakan berdasar atas risiko yang terkandung serta jangka waktu pengembalian. Atas dasar risiko bentuk atau jenis kekayaan dibedakan antara yang risikonya besar seperti obligasi, saham serta yang risikonya kecil (lebih aman) seperti uang tunai.  Biasanya bentuk kekayaan yang lebih aman (risikonya kecil), keuntungan yang diharapkan juga kecil. Sebaliknya, bentuk kekayaan yang risikonya besar, keuntungan yang diharapkan juga besar.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


29. Suatu bentuk kekayaan memberikan pendapatan nominal secara tetap, maka pendapatan riilnya akan ...

 A. relatif tetap
 B. tidak terpengaruh inflasi
 C. berbanding lurus dengan laju inflasi
 D. berbanding terbalik dengan laju inflasi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Pendapatan riil dari suatu bentuk kekayaan tergantung pada laju inflasi. Setiap bentuk kekayaan berbeda dalam hal mudah tidaknya terkena pengaruh inflasi. Suatu bentuk kekayaan yang memberikan pendapatan nominal secara tetap, maka pendapatan riilnya akan berbanding terbalik dengan laju inflasi. Makin tinggi laju inflasi, makin rendah pendapatan riil yang diterimanya.


30. Surat berharga yang bersifat cyclical, artinya apabila keadaan ekonomi baik pendapatan yang diterima...

 A. makin besar
 B. makin kecil
 C. tetap
 D. tidak tetap

Jawaban Anda benar ! Surat berharga yang bersifat cyclical artinya, besarnya pendapatan yang diberikan sejjalan dengan konjungtur ekonomi, yakni apabila keadaan ekonomi baik, pendapatan yang diterima makin besar dan sebaliknya.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


31. Permintaan akan suatu jenis kekayaan dengan pendapatan (rate of return) dari jenis kekayaan tersebut mempunyai hubungan yang ...

 A. positif
 B. negatif
 C. tidak ada
 D. tidak pasti

Jawaban Anda benar ! Setiap jenis kekayaan selalu ada pendapatan (rate of return).  Hanya saja bentuknya berbeda-beda.  Untuk surat berharga (obligasi) pendapatan berupa bunga sedang untuk saham pendapatan berupa deviden dan perubahan nilai (capital gain atau loss) serta kekayaan yang berbentuk fisik barang pendapatan dapat berupa perubahan nilai.  Biasanya hipotesis yang diajukan, bahwa permintaan akan sesuatu jenis kekayaan mempunyai hubungan positif dengan pendapatan (rate of return) dari jenis tersebut dan mempunyai hubungan negatif dengan pendapatan jenis kekayaan lain yang sifatnya competitive.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


32. Permintaan akan obligasi pemerintah dengan pendapatan memiliki hubungan yang ...

 A. positif
 B. negatif
 C. tidak ada
 D. tidak pasti

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya permintaan akan obligasi pemerintah dapat dilihat dari persamaan berikut : Jumlah obligasi yang diminta mempunyai hubungan positif dengan tingkat bunganya dan hubungan negatif dengan pendapatan bentuk kekayaan lain yang sifatnya competitive.  Demikian juga mempunyai hubungan positif dengan nilai total kekayaan dan hubungan negatif dengan pendapatan sebab naiknya pendapatan akan mendorong naiknya permintaan akan uang, sehingga dengan demikian permintaan terhadap jenis kekayaan yang lain akan berkurang.  Terakhir faktor risiko, makin tinggi risiko maka jumlah obligasi yang diminta akan makin kecil.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


33. Untuk pemilikan kekayaan yang berupa perhiasan, pendapatan yang diperoleh berupa ...

 A. dividen
 B. bunga
 C. perubahan nilai (capital gain)
 D. sewa

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Untuk pemilikan kekayaan yang berupa perhiasan, pendapatan yang diperoleh berupa perubahan nilai (capital gain). Apabila ada kenaikan dari inflasi yang diharapkan, maka masyarakat cenderung untuk mengubah susunan portofolionya, yakni dengan cara menukarkan kekayaan jenis uang atau surat berharga dengan kekayaan yang berbentuk rumah, perhiasan atau barang hasil kerajinan.
Jawaban Anda salah !


34. Defisit anggaran belanja yang harus ditanggung oleh pemerintah apabila hendak mencapai keadaan ekonomi pada kesempatan kerja penuh adalah ...

 A. budget defisit
 B. budget surplus
 C. full employment deficit
 D. cyclical deficit

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Untuk mengatasi kelemahan budget deficit, maka digunakan indikator yang lebih baik yaitu full employment deficit (FED).  Full employment deficit adalah defisit anggaran belanja yang harus ditanggung oleh pemerintah apabila hendak mencapai keadaan ekonomi pada kesempatan kerja penuh.
Jawaban Anda salah !


35. Karena menggunakan nilai hipotesis penerimaan pemerintah pada keadaan full employment, maka besar kecilnya nilai full employment deficit (FED) tidak tergantung pada ...

 A. tarif pajak
 B. pengeluaran pemerintah
 C. pengeluaran untuk transfer
 D. permintaan riil (actual demand)

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Karena FED menggunakan nilai hipotesis penerimaan pemerintah pada keadaan full employment, maka besar kecilnya nilai ini tidak tergantung pada permintaan yang nyata (actual demand). Dengan demikian perubahan FED tergantung perubahan t, G dan R sehingga dapat dipakai sebagai indikator kebijakan moneter.


36. Dalam jangka panjang, pembiayaan defisit dengan pinjaman dari bank sentral akan mengakibatkan ...

 A. deflasi
 B. devaluasi
 C. inflasi
 D. revaluasi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar !
Jawaban Anda salah !


37. Mekanisme otomatis yang mengembalikan /mengurangi defisit ke arah seimbang adalah ...

 A. built in stabilizer
 B. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
 C. deflator
 D. inflator

Jawaban Anda benar ! Built ini Stabilizer adalah salah satu komponen dalam anggaran belanja pemerintah yang secara otomatis terpengaruh oleh perubahan pendapatan sehingga akan mempengaruhi anggaran belanja. Misalnya, jika pendapatan nasional naik, anggaran belanja juga naik (surplus) karena penerimaan pajak naik yang kemudian akan membantu menstabilkan perekonomian. Built in stabilizer adalah mekanisme otomatis yang mengembalikan/mengurangi defisit ke arah seimbang.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


38. Kenaikan nilai output yang diperoleh karena penambahan satu unit input adalah ...

 A. biaya modal
 B. nilai produk marjinal (VMP)
 C. marginal efficiency of capital (MEC)
 D. capital stock

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Nilai produk marjinal (VMP) adalah kenaikan nilai output yang diperoleh karena penambahan satu unit input. Dalam pasar persaingan sempurna, VMP ini sama dengan harga output.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


39. Pengusaha akan berhenti menambah stok kapitalnya apabila VMP ...

 A. lebih kecil daripada biaya modal
 B. lebih besar daripada biaya modal
 C. sama dengan biaya modal
 D. tidak sama dengan biaya modal

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Dalam menentukan berapa besar capital stock yang diinginkan seorang pengusaha harus mempertimbangkan nilai produk marginal (value of marginal product) dengan biaya modal (user cost capital). Selama VMP masih lebih besar daripada biaya modal maka pengusaha masih akan menambah stock kapitalnya. Pengusaha akan berhenti menambah stok kapitalnya apabila VMP sama dengan biaya modal.
Jawaban Anda salah !


40. Keputusan seorang pengusaha untuk melakukan investasi tergantung besarnya ...

 A. harga produk dibanding biaya modal
 B. biaya modal dibanding VMP
 C. value of marginal product (VMP) dibanding biaya modal
 D. marginal efficiency of capital (MEC) dibanding tingkat bunga

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! MEC menggambarkan tingkat pendapatan (rate of return) dari investasi baru yang diharapkan akan dilakukan.  Secara simbolis dapat dituliskan sebagai berikut : Dengan diketahui C, R dan J, dapat dihitung besarnya marginal efficiency of capital (r). Keputusan seorang pengusaha untuk melakukan investasi tergantung pada besarnya marginal efficiency of capital (MEC) dibandingkan dengan tingkat bunga di pasar.


41. Keputusan pengusaha untuk melakukan investasi tergantung pada besarnya Marginal Efficiency of Capital (r) dengan tingkat bunga di pasar (i). Investasi akan dilakukan jika ...

 A. r > i
 B. r < i
 C. r = i
 D. r = 0

Jawaban Anda benar ! Keputusan seorang pengusaha untuk melakukan investasi tergantung pada besarnya MEC (r) dibandingkan dengan tingkat bunga di pasar (i). Jika r > i, maka pengusaha akan melakukan investasi, tetapi r < imaka pengusaha tersebut tidak akan melakukan investasi.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


42. Investasi bruto tergantung pada pertumbuhan output dan penyusutan. Pernyataan tersebut merupakan esensi dari prinsip ...

 A. produksi
 B. investasi
 C. akselerasi
 D. ekspektasi

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Esensi dari prinsip akselerasi adalah investasi bruto tergantung pada pertumbuhan output dan penyusutan. Konsekwensinya, suatu perekonomian yang tidak mengalami pertumbuhan maka investasi juga akan sama dengan nol.
Jawaban Anda salah !


43. Teori permintaan akan permintaan perumahan merupakan bagian dari Teori :

 A. Investasi
 B. Portofolio
 C. Pasar Modal
 D. Penawaran

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar !   Perumahan merupakan salah satu bentuk kekayaan yang umurnya pamjang. Oleh karena itu, permintaan akan perumahan merupakan bagian dari penentuan jenis/bentuk kekayaan yang ingin dimiliki oleh seseorang (teori portofolio). Perumahan merupakan salah satu bentuk kekayaan, (disamping perhiasan, mobil maupun deposito bank), yang dapat dimiliki oleh seseorang. Dengan demikian tori permintaan akan permintaan perumahan merupakan bagian dari teori portofolio.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


44. Hubungan antara tingkat bunga dengan permintaan akan perumahan adalah ...

 A. positif
 B. negatif
 C. netral
 D. tidak ada

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Salah satu faktor penting yang mempengaruhi permintaan akan perumahan adalah tersedianya kredit (khusus kredit perumahan). Besar / kecilnya kredit yang tersedia dipengaruhi oleh tingkat bunga. Biasanya kredit yang tersedia untuk perumahan itu berasal dari tabungan. Kenaikan tingkat bunga obligasi, misalnya akan mendorong orang untuk mengambil tabungannya guna membeli obligasi. Akibatnya dana yang tersedia (kredit) untuk perumahan makin kecil sehingga permintaan akan perumahan turun. Dalam hal ini terdapat hubungan yang negatif antara tingkat bunga dengan permintaan akan perumahan.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


45. Kenaikan tingkat bunga akan menyebabkan pembangunan rumah baru ...

 A. menurun
 B. meningkat
 C. tetap
 D. berubah-ubah

Jawaban Anda benar ! Kenaikan tingkat bunga akan menurunkan pembangunan rumah baru (investasi dalam perumahan). Pengaruh tingkat bunga terhadap pembangunan rumah baru dapat melalui kredit yang tersedia. Kenaikan tingkat bunga akan menurunkan kredit yang tersedia sehingga dengan demikian jumlah rumah yang dibangun cenderung turun.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


46. Ide dasar dari supply side ecoomics adalah ....

 A. kenaikan output sebagai efek ekspansi permintaan
 B. hubungan antara kebijakan pemerintah dengan jumlah output
 C. hubungan kebijakan dengan jumlah permintaan
 D. efek kenaikan pajak terhadap penerimaan

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar !   Supply side economics menitikberatkan analisis efek daripada kebijakan pemerintah terhadap output (potensial) di dalam perekonomian.  Ide dasarnya adalah hubungan antara kebijakan dengan jumlah output (supply).  Pengertian output menurut supply side adalah kapasitas (menghasilkan) output), bukan output riil (actual output) sebab kita ingin membedakan antar efek terhadap permintaan dan penawaran dari kebijakan pemerintah (moneter atau fiskal).
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


47. Kebijakan enurunan pajak akan menaikkan tabungan masyarakat apabila pendapatan full employment (YFE) bersifat ...

 A. sangat elastis terhadap pajak
 B. kurang elastis terhadap pajak
 C. tidak elastis terhadap pajak
 D. dinamis

Jawaban Anda benar !   Penurunan pajak dapat meningkatkan total tabungan asalkan dapat menaikkan Y yang cukup untuk menutup efek turunnya pajak terhadap tabungan. Ini bisa terjadi apabila Y sangat sensitif terhadap penurunan pajak. Pengaruh penurunan pajak terhadap tabungan total tergantung pada elastisitas YFE terhadap tarif pajak. Apabila YFE sangat elastis (sensitif) terhadap pajak, maka penurunan pajak akan menaikkan tabungan, sebaliknya kalau YFE tidak elastis, maka penurunan pajak berakibat menurunkan tabungan total.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


48. Menurut penganjur ekonomi sisi penawaran, penurunan tarif pajak dapat ...

 A. meningkatkan underground economy
 B. munurunkan pendapatan pajak
 C. meningkatkan penerimaan pajak
 D. meningkatkan pengangguran

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Kenaikan tarif pajak dari 0% akan menaikkan penerimaan pajak sampai suatu tarif pajak tertentu.  Alasannya, pertama, naiknya tarif pajak mungkin menyebabkan orang lebih suka menganggur (leisure) daripada bekerja. Kedua, kenaikan tarif pajak sering menimbulkan usaha masyarakat untuk menghindar dari pemungutan pajak.  Mereka kadangkala tidak melaporkan pendapatan yang diperolehnya (sering disebut underground economy).  Oleh karena itu, menurut penganjur ekonomi sisi penawaran, penurunan tarif pajak da[at mengurangi pelarian pajak atau dengan kata lain dapat mengangkat pendapatan yang tidak dilaporkan (mengurangi underground economy).  Akibatnya penurunan tarif pajak dapat menaikkan penerimaan pemerintah dari pajak.
Jawaban Anda salah !


49. Inflasi akan turun apabila efek permintaan ...

 A. lebih kecil dari efek penawaran.
 B. lebih besar dari efek penawaran
 C. sama dengan efek penawaran
 D. tidak berhubungan dengan efek penawaran

Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda benar ! Akibat kenaikan pajak, kurva permintaan bergeser ke kiri bawah dan kurva penawaran (baik jangka pendek maupun panjang) bergeser ke kiri. Inflasi akan turun apabila efek permintaan lebih besar dari efek penawaran.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !


50. Pendapatan yang didasarkan atas rata-rata tertimbang dari pendapatan sekarang dan masa lalu adalah konsep...

 A. permanent income
 B. basic income
 C. income tax
 D. minimum income

Jawaban Anda benar ! Untuk memperkirakan pendapatan yang diharapkan, Friedman menggunakan konsep permanent income, yakni pendapatan yang didasarkan atas rata-rata tertimbang dari pendapatan sekarang dan masa lalu.
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !
Jawaban Anda salah !

Artikel Terkait

Previous
Next Post »