Soal Latihan Mandiri Sistem Keuangan Pusat dan Daerah ESPA4524

Agustus 04, 2017


Selamat berjumpa lagi dalam latihan mandiri. untuk kali ini kita akan latihan untuk mata kuliah Sistem Keuangan Pusat dan Daerah (ESPA 4524).

Petunjuk : Untuk Soal Nomor 1 - 45. Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Tepat

Selamat mengerjakan dan semoga sukses selalu

1. Pengeluaran pemerintah yang berupa pemindahan uang kepada individu atau berbentuk grant adalah pengeluaran pemerintah yang bersifat ....

A. transfer
B. exhausive
C. menyeluruh
D. produktif

a. Correct. Transfer adalah Pengeluaran pemerintah yang berupa pemindahan uang kepada individu atau berbentuk grant
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


2. Tujuan dari adanya anggaran berimbang adalah untuk ....

A. menaikkan tingkat suku bunga
B. menertibkan keuangan negara
C. menghilangkan bea masuk barang impor
D. memperbaiki infrastruktur pendukung proses produksi

a. Incorrect.
b. Correct. Tujuan dari adanya anggaran berimbang adalah untuk menertibkan keuangan negara
c. Incorrect.
d. Incorrect.


3. APBN tidak dapat menjadi sumber inflasi karena bersifat ....

A. internal saving
B. netral budgeter
C. internal balanced
D. surplus budgeter

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Correct. APBN tidak dapat menjadi sumber inflasi karena bersifat internal balanced
d. Incorrect.


4. Sejak awal berlakunya APBN selalu mengalami perubahan disesuaikan dengan perkembangan ....

A. jumlah wajib pajak
B. jumlah investor
C. situasi keamanan dalam negeri
D. perekonomian

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Sejak awal berlakunya APBN selalu mengalami perubahan disesuaikan dengan perkembangan situasi keamanan dalam negeri


5. Pada sistem dual budgeting, pengeluaran rutin dimaksudkan sebagai pengeluaran pemerintah yang dialokasikan untuk membiayai ....

A. kegiatan rutin pemerintahan
B. musibah atau bencana alam
C. perjalanan dinas pejabat negara
D. bantuan sosial

a. Correct. Pada sistem dual budgeting, pengeluaran rutin dimaksudkan sebagai pengeluaran pemerintah yang dialokasikan untuk membiayai kegiatan rutin pemerintahan
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


6. Kebijakan yang mengatur tentang penerimaan dan pengeluaran negara adalah kebijakan ....

A. fiskal
B. moneter
C. pembangunan
D. anggaran keuangan negara

a. Correct. Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang mengatur tentang penerimaan dan pengeluaran negara
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


7. Kebaikan dari kebijakan pengelolaan anggaran adalah ....

A. pinjaman negara tidak akan meningkat
B. menekan fluktuasi siklus ekonomi
C. mengatasi pertumbuhan kemiskinan yang sangat tinggi
D. menurunkan tingkat suku bunga untuk menarik investor

a. Correct. Kebaikan dari kebijakan pengelolaan anggaran adalah pinjaman negara tidak akan meningkat
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


8. Kebijakan fiskal akan mempengaruhi perekonomian melalui ....

A. naiknya tarif pajak dan turunnya pengeluaran publik
B. insentif perpajakan
C. bea masuk barang impor
D. penerimaan dan pengeluaran negara

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Kebijakan fiskal akan mempengaruhi perekonomian melalui penerimaan dan pengeluaran negara


9. Deregulasi di Indonesia yang paling terkenal adalah dikeluarkannya deregulasi pada bidang ....

A. cadangan devisa tahun 1985
B. paket Oktober 1988
C. stabilisasi keuangan tahun 1988
D. tabungan pemerintah tahun 1986

a. Incorrect.
b. Correct. Deregulasi di Indonesia yang paling terkenal adalah deregulasi paket Oktober 1988
c. Incorrect.
d. Incorrect.


10. Langkah yang ditempuh pemerintah untuk menyelamatkan nilai rupiah adalah dengan ....

A. menggunakan floating system
B. menerapkan kebijakan uang ketat
C. menerapkan sistem kurs mengambang
D. menetapkan kebijakan mengambang terkendali

a. Correct. floating system adalah langkah yang ditempuh pemerintah untuk menyelamatkan nilai rupiah
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


11. Pajak dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pengalihan sumber daya, yaitu pengalihan sumber daya dari sektor ....

A. pemerintah kepada sektor swasta
B. pemerintah kepada sektor luar negeri
C. swasta kepada sektor pemerintah
D. swasta kepada sektor luar negeri

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Correct. Pajak dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pengalihan sumber daya dari sektor swasta kepada sektor pemerintah
d. Incorrect.


12. Salah satu opsi yang dianggap pemerintah paling realistis untuk menjaga keseimbangan fiskal setelah berakhirnya kerja sama dengan IMF (International Monetary Fund) adalah .....

A. mengoptimalkan penerimaan pajak
B. mengundang masuk investor asing
C. menambah jumlah uang beredar
D. menaikkan tingkat bunga

a. Correct. Optimalisasi penerimaan pajak adalah opsi yang dianggap pemerintah paling realistis untuk menjaga keseimbangan fiskal setelah berakhirnya kerja sama dengan IMF (International Monetary Fund)
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


13. Salah satu dari tiga alasan pemerintah mengakhiri kerja sama dengan IMF pada tahun 2006 adalah ....

A. kenaikan suku bunga pinjaman IMF
B. meningkatnya pertumbuhan ekonomi
C. adanya peningkatan impor
D. terlalu mendikte ekonomi dalam negara

a. Correct. Kenaikan suku bunga pinjaman IMF adalah salah satu dari tiga alasan pemerintah mengakhiri kerja sama dengan IMF pada tahun 2006
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


14. Dari keseluruhan pinjaman yang dilakukan dalam mata uang asing, persentase pinjaman terbesar adalah dalam mata uang ....

A. Dolar AS
B. Euro
C. Gulden Belanda
D. Yen Jepang

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Yen Jepang merupakan keseluruhan pinjaman yang dilakukan dalam mata uang asing dengan persentase pinjaman terbesar


15. Di antara istilah-istilah berikut, yang tidak termasuk istilah dalam strategi pengurangan stock utang adalah ....

A. cash buyback
B. debt service ratio
C. debt switching
D. debt swap

a. Incorrect.
b. Correct. Debt service ratio yang tidak termasuk istilah dalam strategi pengurangan stock utang
c. Incorrect.
d. Incorrect.


16. Pelaksanaan desentralisasi fiskal pertama kali di Indonesia telah dimulai pada masa pemerintahan ....

A. Belanda
B. Jepang
C. Orde Baru
D. Reformasi

a. Correct. Pada masa pemerintahan Belanda pelaksanaan desentralisasi fiskal pertama kali di Indonesia telah dimulai
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


17. Desentralisasi fiskal merupakan konsekuensi logis dari ditetapkannya kebijakan otonomi daerah. Prinsip dasar yang harus diperhatikan adalah ....

A. fiscal sustainability
B. money follow function
C. standard spending assessment
D. standar operation procedure

a. Incorrect.
b. Correct. Money follow function adalah prinsip dasar dengan ditetapkannya kebijakan otonomi daerah.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


18. Sumber dana perimbangan yang penyebarannya relatif merata antara daerah adalah ....

A. PBB dan BPHTB
B. BHSDA
C. PPh
D. PPn

a. Correct. PBB dan BPHTB adalah sumber dana perimbangan yang penyebarannya relatif merata antara daerah
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


19. Menurut Undang-undang No. 33 Tahun 2004, kesenjangan fiskal merupakan selisih ....

A. kebutuhan pengeluaran dengan kapasitas fiskal
B. kapasitas fiskal dengan kebutuhan pengeluaran
C. alokasi dasar dengan kebutuhan pengeluaran
D. alokasi dasar dengan kapasitas fiskal

a. Incorrect.
b. Correct. Menurut Undang-undang No. 33 Tahun 2004, kesenjangan fiskal merupakan selisih kapasitas fiskal dengan kebutuhan pengeluaran
c. Incorrect.
d. Incorrect.


20. Tanda dari keterpurukan perekonomian negara selama masa Orde Baru adalah ....

A. menurunnya nilai rupiah
B. stabilitas keamanan yang tidak stabil
C. tidak adanya investor yang masuk ke Indonesia
D. hutang luar negeri yang menumpuk

a. Correct. Menurunnya nilai rupiah tanda dari keterpurukan perekonomian negara selama masa Orde Baru
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


21. Kedudukan Menteri Keuangan sebagai pembantu presiden pada hakikatnya adalah ....

A. lead finansial budgeter
B. lead unified budgeter
C. chief operasional officer
D. chief finansial officer

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Chief finansial officer merupakan kedudukan Menteri Keuangan sebagai pembantu presiden


22. Produk yang dihasilkan oleh Departemen Keuangan adalah ....

A. peraturan dan kebijaksanaan
B. pendidikan dan pelatihan
C. pengelolaan anggaran keuangan dan kebijaksanaan
D. pelatihan dan pengelolaan anggaran

a. Correct. Peraturan dan kebijaksanaan adalah produk yang dihasilkan oleh Departemen Keuangan
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


23. Salah satu penyebab timbulnya krisis ekonomi Tahun 1997/1998 adalah ....

A. sektor usaha kecil yang banyak mengalami kebangkrutan
B. penyelewengan penggunaan keuangan
C. sumber pembangunan yang berasal dari hutang luar negeri
D. pertumbuhan ekonomi yang tinggi dimotori oleh sektor swasta

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Salah satu penyebab timbulnya krisis ekonomi Tahun 1997/1998 adalah Pertumbuhan ekonomi yang tinggi yang dimotori oleh sektor swasta


24. Undang-undang yang mengatur perimbangan keuangan antara pemerintahan pusat dan daerah adalah UU No ....

A. 10 Tahun 2000
B. 25 Tahun 1999
C. 13 Tahun 1998
D. 22 Tahun 1999

a. Incorrect.
b. Correct. UU No. 25 Tahun 1999 adalah Undang-undang yang mengatur perimbangan keuangan antara pemerintahan pusat dan daerah
c. Incorrect.
d. Incorrect.


25. Organisasi yang menguasai informasi akan mampu berkembang dan mempunyai ....

A. keunggulan kompetitif
B. kekuatan dana yang tidak terbatas
C. kemampuan produksi yang sangat efisien
D. kemampuan daya saing yang bagus

a. Correct. Organisasi yang menguasai informasi akan mampu berkembang dan mempunyai keunggulan kompetitif
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


26. Metode analisis kebijakan fiskal yaitu ....

A. problem structuring, recomendation, monitoring, evaluation, practical inference
B. policy autcomes, forecasting, recommendation, monitoring, evaluation, practical inference
C. problem structuring, demonstration, recommendation, monitoring, evaluation, practical inference
D. policy problem, forecasting, recommendation, monitoring, evaluation, practical inference

a. Correct. Metode analisis kebijakan fiskal adalah problem structuring, recomendation, monitoring, evaluation, practical inference
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


27. Penggunaan kewenangan politik, ekonomi dan administrasi untuk mengelola masalah-masalah pada semua tingkatan adalah pengertian dari ....

A. governance
B. the rule of low
C. government
D. the system of regulations

a. Correct. Governance adalah penggunaan kewenangan politik, ekonomi dan administrasi untuk mengelola masalah-masalah pada semua tingkatan
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


28. Syarat utama bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam kegiatan berbangsa, bernegara dan berpemerintahan adalah ....

A. adanya rasa sukarela dan manfaat dalam keterlibatannya
B. kewajiban dan hak yang sama dari semua warga negara
C. kewenangan dan kekuasaan tertinggi ada pada negara
D. perlakuan yang sama dari segi hukum

a. Correct. Adanya rasa sukarela dan manfaat dalam keterlibatannya merupakan syarat utama bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam kegiatan berbangsa, bernegara dan berpemerintahan
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


29. Tugas dan kewajiban dari masyarakat madani sebagai pilar good governance adalah ....

A. menjaga agar hak masyarakat terlindungi
B. menciptakan lapangan pekerjaan
C. meningkatkan standar hidup masyarakat
D. memelihara lingkungan hidup

a. Correct. Tugas dan kewajiban dari masyarakat madani sebagai pilar good governance adalah menjaga agar hak masyarakat terlindungi
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


30. Manfaat dari implementasi good governance  adalah ....

A. meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pemerintahan daerah
B. menciptakan lapangan pekerjaan
C. meningkatkan standar hidup masyarakat
D. memelihara lingkungan hidup

a. Correct. Manfaat dari implementasi good governance  adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pemerintahan daerah
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


31. Hal yang dilakukan pemerintah daerah dalam rangka mencapai kejelasan misi dan visi bidang strategis adalah ....

A. menyusun rencana strategi daerah kabupaten/kota dan rancangan strategi institusi pemerintah
B. menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat
C. meningkatkan standar hidup masyarakat
D. memelihara lingkungan hidup

a. Correct. Menyusun rencana strategi daerah kabupaten/kota dan rancangan strategi institusi pemerintah adalah hal yang dilakukan pemerintah daerah dalam rangka mencapai kejelasan misi dan visi bidang strategis
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


32. Dasar hukum pembentukan pemerintah di daerah di Indonesia adalah ....

A. UUD 1945 Pasal 18
B. UU No. 5 Tahun 1974
C. UU No. 22 Tahun 1999
D. UU No. 32 Tahun 2004

a. Correct. Dasar hukum pembentukan pemerintah di daerah di Indonesia  adalah UUD 1945 Pasal 18
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


33. Yang termasuk pendapatan asli daerah (PAD) berdasarkan UU No. 25 Tahun 1999 adalah ....

A. pajak bumi dan bangunan (PBB)
B. pajak dan retribusi daerah
C. dana alokasi umum (DAU)
D. pinjaman daerah

a. Incorrect.
b. Correct. Pajak dan retribusi daerah adalah pendapatan asli daerah (PAD) berdasarkan UU No. 25 Tahun 1999
c. Incorrect.
d. Incorrect.


34. Kebijakan penyelenggaraan otonomi daerah antara lain merekomendasikan bahwa prinsip otonomi daerah harus dilakukan dengan menekankan pada ....

A. kemandirian daerah otonom
B. arahan dari pemerintah pusat
C. besarnya dana perimbangan
D. keleluasaan daerah memungut pajak

a. Correct. Kebijakan penyelenggaraan otonomi daerah antara lain merekomendasikan bahwa prinsip otonomi daerah harus dilakukan dengan menekankan pada kemandirian daerah otonom
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


35. Pembentukan, pertumbuhan dan pergeseran kedudukan otonomi daerah di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan sampai sekarang selalu mengacu pada ....

A. Undang-undang Dasar (UUD)
B. Keputusan Presiden (Kepres)
C. Keputusan Menteri (Kepmen)
D. Instruksi Presiden (Inpres)

a. Correct. Pembentukan, pertumbuhan dan pergeseran kedudukan otonomi daerah di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan sampai sekarang selalu mengacu pada Undang-undang Dasar (UUD)

b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


36.Implementasi kebijakan otonomi daerah berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 secara nasional dimulai sejak ....

A. 1 Januari 1999
B. 7 Mei 1999
C. 1 Januari 2001
D. 15 Oktober 2004

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Correct. Implementasi kebijakan otonomi daerah berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 secara nasional dimulai sejak 1 Januari 2001
d. Incorrect.


37. Berikut ini yang bukan merupakan kelompok kontra implementasi teori Kuznets di Indonesia adalah ....

A. rentang waktu pembangunan
B. lingkup pertumbuhan
C. ketersediaan dana
D. kepala pemerintahan

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Correct. Yang bukan merupakan kelompok kontra implementasi teori Kuznets di Indonesia adalah kepala pemerintahan


38. Dengan teknik transfer tunai dan cara pendapatan negatif (negative income tax), semakin tinggi pendapatan suatu keluarga maka transfer tunai yang diterima adalah ....

A. semakin tinggi
B. semakin rendah
C. tidak terpengaruh
D. tetap

a. Incorrect.
b. Correct. Dengan teknik transfer tunai dan cara pendapatan negatif (negative income tax), semakin tinggi pendapatan suatu keluarga maka transfer tunai yang diterima adalah semakin rendah
c. Incorrect.
d. Incorrect.


39. Dalam bidang ekonomi terjadinya ketimpangan yang menyebabkan ketertinggalan di Indonesia adalah ketimpangan....

A. pendapatan
B. pendidikan
C. kelembagaan
D. kesehatan

a. Correct. ketimpangan pendapatan dalam bidang ekonomi menyebabkan ketertinggalan di Indonesia
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


40. Peranan penting yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dalam proses pembangunan adalah ....

A. entrepreneur
B. distributor
C. stabilisator
D. inovator

a. Correct. Peranan penting yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dalam proses pembangunan adalah entrepreneur
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


41. Implikasi langsung dari Kewenangan/fungsi yang diserahkan kepada daerah adalah ....

A. kebutuhan dana yang cukup besar
B. keterampilan yang harus dikembangkan
C. sumber daya manusia yang masih rendah
D. potensi sumber daya alam yang belum diolah secara maksimal

a. Correct. Implikasi langsung dari Kewenangan/fungsi yang diserahkan kepada daerah adalah kebutuhan dana yang cukup besar
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


42. Mendukung anggaran rutin pemerintahan daerah guna membantu menciptakan perimbangan keuangan antar tingkat pemerintahan adalah tujuan dari ....

A. subsidi daerah otonom (SDO)
B. bantuan inpres
C. daftar isian proyek (DIP)
D. jaringan pengamanan sosial (JPS)

a. Correct. Tujuan dari subsidi daerah otonom (SDO) adalah mendukung anggaran rutin pemerintahan daerah guna membantu menciptakan perimbangan keuangan antar tingkat pemerintahan
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


43. Pinjaman yang dapat diberikan dalam rangka pengelolaan kas daerah adalah pinjaman ....

A. lunak
B. subsidi
C. jangka pendek
D. hibah

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Correct. Pinjaman jangka pendek adalah pinjaman yang dapat diberikan dalam rangka pengelolaan kas daerah
d. Incorrect.


44. Jumlah dari pajak yang sungguh-sungguh dikumpulkan oleh kantor pajak adalah pengertian dari ....

A. tingkat absorpsi pajak
B. pendapatan asli daerah
C. jumlah wajib pajak
D. kinerja pajak

a. Correct. Tingkat absorpsi pajak adalah jumlah dari pajak yang sungguh-sungguh dikumpulkan oleh kantor pajak
b. Incorrect.
c. Incorrect.
d. Incorrect.


45. Semua pengeluaran pemerintah yang digunakan untuk menyediakan barang publik yang dibutuhkan suatu negara disebut ....

A. tingkat absorpsi pajak
B. pendapatan asli daerah
C. tingkat kebutuhan fiskal
D. tingkat absorpsi domestik

a. Incorrect.
b. Incorrect.
c. Correct. Tingkat kebutuhan fiskal adalah semua pengeluaran pemerintah yang digunakan untuk menyediakan barang publik yang dibutuhkan suatu negara
d. Incorrect.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »