Soal Latihan Mandiri Metodologi Penelitian MKDK4004

Mei 22, 2017

1. Dari beberapa karakterstik berikut ini, yang sesuai dengan karakteristik penelitian ilmiah adalah ....

Silahkan Anda pelajari modul 1 Kb 1

 A. bahasa jelas, dan dapat diverifikasi 
 B. objektif,emprik, dan dapat ditindaklanjuti 
 C. bahasa jelas, akurat, dan dapat ditindaklanjuti 
 D. emprik, subjektif,dan dapat diverifikasi 

Benar, karena karakteristik penelitian ilmiah adalah objektif, menggunakan bahasa yang jelas, dapat diverifikasi, dan empirik
Salah,karena penelitian ilmiah tidak selalu dapat ditindaklanjuti; dapat atau tidaknya hasil penelitian ditindaklanjuti tergantung temuan
Salah,(lihat Butir B)
Salah karena penelitian ilmiah disyaratkan untuk bersifat objektif bukan subjektif


2. Pada tingkat generalisasi, penelitian dasar bersifat ....

Silahkan pelajari modul 1 Kb 1

 A. umum dan berkaitan dengan ilmu yang diteliti 
 B. abstrak dan berkaitan dengan sains 
 C. konkret dan bersifat spesifik 
 D. spesifik dan melekat pada praktek di lokasi tertentu 

Salah, karena sifat umum dan berkaitan dengan ilmu yang diteliti merupakan sifat dari penelitian terapan
Benar, karena penelitian dasar bersifiat abstrak dan berkaitan dengan sains
Salah,karena sifat konkret dan spesifik merupakan sifat penelitian evaluasi
Salah karena sifat spesifik dan melekat pada praktek di lokasi tertentu merupakan sifat penelitian evaluasi


3. Urutan yang ideal dalam melakukan perumusan masalah adalah....

Silahkan pelajari modul 1 KB 2

 A. mencari latar belakang masalah – identifikasi masalah – merumuskan masalah 
 B. mencari pustaka terkait – merekapitulasi kumpulan masalah – merumuskan masalah 
 C. identifikasi masalah – memfokuskan masalah – merumuskan masalah 
 D. mencari masalah – menjelaskan masalah – merumuskan masalah 

Salah, karena latar belakang masalah ditemukan pada saat identifikasi
Salah karena mencari pustaka merupakan bagian dari identifikasi masalah
Benar karena ke tiga hal ini merupakan kesatuan yang harus dilakukan untuk merumuskan masalah
Salah, karena mencari masalah merupakan kegiatan yang terlalu abstrak sehingga perlu terlebih dahulu dioperasionalkan


4. Pada dasarnya tujuan penelitian berfungsi sebagai ....
      
Silahkan pelajari modul 1 kb 3

 A. pedoman bagi peneliti unutk menjalankan aktivitas penelitian tanpa kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja
 B. arah petunjuk atau pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang 
 C. alat kontrol bagi pemberi dana agar aktivitas penelitian dilakukan sesuai dengan jangka waktu dan dana yang telah ditetapkan 
 D. acuan bagi peneliti lain untuk melihat sampai sejauh mana aktivitas penelitian dilakukan di tempat yang telah ditentukan 

Salah karena kesalahan yang tidak sengaja mungkin saja terjadi
Benar karena petunjuk atau kontrol diperlukan untuk memastikan aktivitas dilakukan tanpa penyimpangan
Salah karena pengertian ini terlalu sempit
Salah karena pengertian ini terlalu sempit


5. Penelitian yang secara tipikal menunjukkan adanya keingintahuan yang besar dari si peneliti untuk memahami atau mengkaji lebih dalam suatu fenomena tertentu termasuk ke dalam penelitian jenis ....

Silahkan pelajari modul 1 KB 3

 A. eksplorasi 
 B. deskripsi 
 C. eksplanasi 
 D. intuisi 

Benar, karena penelitian eksplorasi bersifat eksploratif
Salah, karena penelitian deskripsi dicirikan dengankeinginan peneliti untuk melukiskan atau menggambarkan secara verbal dan grafis terhadap situasi atau peristiwa yang ia amati
Salah, karena penelitian eksplanasi dicirikan oleh pencarian jawaban atas pertanyaan “mengapa”
Salah karena penelitian intuisi tidak dikenal


6. Hipotesis yang menguji penerapan metode belajar tertentu dengan capaian hasil belajar siswa merupakan salah satu contoh hipotesis yang baik dilihat dari sudut ....

Silahkan pelajari modul 1 KB 4

 A. ada kemungkinan hipotesis tersebut tidak benar 
 B. sifat kemustahilan dari pembuktian hipotesis tersebut 
 C. penggunaan dua variabel dalam hipotesis tersebut 
 D. rasionalitas yang dapat diukur dari hipotesis tersebut 

Salah karena jawaban tersebut terlalu umum
Salah, karena hipotesis tersebut tidak mustahil untuk dibuktikan
Benar, karena salah satu karakteristik hipotesis yang baik (menggunakan dua variabel atau lebih) dipenuhi hipotesis tersebut
Salah karena rasionalitas suatu hipotesis lebih diarahkan pada fungsionalitas hipotesis


7. Hipotesis yang diturunkan dari teori yang sudah banyak dikenal dan mempunyai kontribusi dalam dunia ilmu pendidikan dinamakan ....

Silahkan pelajari moul 1 KB 4

 A. hipotesis deduktif 
 B. hipotesis induktif 
 C. hipotesis penelitian 
 D. hipotesis nol 

Benar, karena deduktif merupakan proses berpikir yang bermula dari hal yang bersifat umum kemudian melangkah ke yang spsesifik
Salah, karena induktif merupakan proses logika yang bermula dari hal yang spesifik kemudian mengarah ke hal yang lebih umum
Salah, karena hipotesis penelitian atau disebut juga hipotesis kerja pada umumnya digunakan apabila peneliti mengharapkan adanya perbedaan efek dari perlakuan yang diuji
Salah karena hipotesis nol merujuk pada harapan peneliti tentang tidak adanya perbedaan efek dari perlakukan yang dilakukan


8. Pak Adi akan melakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn. rumusan hipotesis yang paling tepat untuk penelitian tersebut adalah ....

Silahkan pelajari modul 1 Kb 4

 A. Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn 
 B. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn 
 C. motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn meningkat 
 D. meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn 

Salah karena hipotesis tidak menunjukkan variabel yang perlu dibuktikan
Benar karena dapat dilakukan uji untuk melihat pengaruh metode diskusi terhadap motivasi siswa
Salah karena hipotesis tidak menyebutkan cara apa yang dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
Salah karena hipotesis tidak menyebutkan cara apa yang dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa


9. Bagian dari proposal penelitian yang berisi temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan masalah atau variabel penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya adalah ....

Silahkan pelajari 2 kb 1

 A. bab latar belakang 
 B. bab tinjauan pustaka 
 C. bab metode penelitian 
 D. bab hasil & pembahasan 

Salah, karena pada Bagian Latar Belakang dijelaskan alasan yang melatar belakangi perlunya dilakukan penelitian
Benar, karena pada Bagian Tinjauan Pustaka disarikan teori dan hasil penelitian yang terkait dengan masalah yang akan diteliti
Salah karena pada Bagian Metode Penelitian dijelaskan rangkaian menyeluruh tentang bagaimana penelitian akan dilakukan
Salah karena pada Bagian Hasil & Pembahasan disampaikan kemudan dan analisis terhadap temuan


10. Salah satu tujuan melakukan kegiatan tinjauan pustaka adalah ....
     
Silahkan pelajari modul 2 Kb 2

 A. menemukan variabel penelitian yang penting 
 B. mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan peneliti terdahulu 
 C. mendapatkan pendekatan yang steril 
 D. memastikan bahwa temuan kita sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya 

Benar, karena pada dasarnya tidak ada sesuatu yang sama sekali baru dalam ilmu pengetahuan
Salah, karena peneliti tidak diharapkan mencontoh bulat-bulat penelitian yang sudah pernah dilakukan tetapi mereplikasi
Salah,karena tinjauan pustaka justru dilakukan untuk menghindari pendekatan yang steril
Salah karena temuan penelitian yang berbeda dengan temuan penelitian sebelumnya (baik sejalan maupun bertentangan) dapat terjadi; yang penting bagaimana peneliti membahas kesamaan/perbedaan tersebut


11. Buku acuan yang memuat data publikasi dari buku-buku ataupun artikel riset dalam suatu topik tertentu disebut ....

Silahkan pelajari modul 2 Kb 2

 A. general references 
 B. bibliografi 
 C. buletin 
 D. ensiklopedi 

Salah karena, general reference, merujuk pada seluruh acuan yang memberikan informasi langsung, misalnya kamus,ensikolpedi, direktori, almanak
Benar,karena bibliografi merupakan salah satu jenis buku acuan yang memberi petunjuk mengenai sumber informasi yang dapat dirujuk
Salah, karena buletin bersifat umum dan pada umunya diterbitkan secara berkala
Salah, karena ensiklopedi yang termasuk sumber pustaka sekunder berisi deskripsi kejadian/benda


12. Salah satu langkah yang perlu dilakukan pada saat mencari sumber pustaka berupa media cetak adalah ....
      
Silahkan pelajari modul 2 KB 2

 A. mencari topik penelitian 
 B. mengumpulkan semua buku yang ada 
 C. menemukan kata kunci yang relevan 
 D. mencatat buku yang dibaca 

Salah, karena topik penelitian sudah harus ditentukan sebelum kita mencari sumber pustaka
Salah, karena belum tentu semua buku terkait/relevan dengan topik yang akan diteliti
Benar, karena kata kunci yang tepat dapat membantu peneliti menemukan sumber pustaka yang sesuai
Salah karena pencatatan dilakukan jika buku sumber pustaka yang ditemukan seusai dengan topik


13. Fasilitas dalam Internet yang memungkinkan kita untuk melakukan log in sebagai user jarak jauh untuk mengakses suatu alamat situs tertetnu disebut ....

Silahkan pelajari modul 2 KB 2

 A. FTP 
 B. Telnet 
 C. Browser 
 D. Command 

Salah, karena FTP (File Transfer Protocol) adalah fasilitas dalam Internet yang dapat digunakan untuk mengirim dan menyalin file
Benar, karena melalui Telnet kita dapat mengakses alamat situs tertentu di Internet
Salah, karena Browser adalah fasilitas untuk melihat apa yang ada di Internet
Salah, karena Command merujuk pada perintah yang dibuat pada komputer


14. Membuat ringkasan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam ....
      
Silahkan pelajari modul 2 KB 2

 A. membuat latar belakang masalah 
 B. mengembangkan masalah 
 C. memformulasikan tujuan 
 D. menelaah sumber pustaka 

Salah, karena pembuatan latar belakang memerlukan justifikasi yang komprehensif tentang apa dan bagaimana suatu topik dipilih
Salah, karena pengembangan masalah justru harus dimulai dengan elaborasi salah
Salah karena formulasi tujuan merumukan sintesis dari latar belakang masalah
Benar, karena sumber pustaka begitu beragam jenis dan jumlahnya sehingga diperlukan ringkasan untuk membuatnya menjadi satu kesatuan


15. Dua hal yang harus diperhatikan pada saat memilih sumber pustaka adalah ....

Silahkan pelajari modul 2 Kb 2

 A. keberadaan pustaka dan jenis informasi yang diberikan 
 B. relevansi sumber pustaka dan kemutakhiran pustaka 
 C. jenis pustaka dan frekuensi perujukan pustaka 
 D. penulis pustaka dan bidang kajian pustaka 

Salah, karena mekanisme mendapatkan sumber pustaka sudah semakin beragam
Benar, karena ke dua hal tersebut menunjukkan kesesuaian pustaka dengan topik yang akan dibahas
Salah, karena jenis pustaka tidak mempengaruhi data/informasi yang dikandung
Salah, karena kualitas pustaka tidak semata-mata dicerminkan dari siapa penulisnya


16. Tiga hal penting dalam penyusunan kerangka teori penelitian adalah ....

      
Silahkan pelajari modul 2 Kb 3

 A. judul-subjudul-penjelasan untuk tiap variabel 
 B. struktur-kesatuan-ketarkaitan antara hal-hal yang dibahas 
 C. pendahuluan-latar belakang-pembahasan tiap temuan 
 D. teori-praktek-implikasi yang harus duperhatikan 

Salah, karena kerangka teori penelitian fokus pada materi bukan pada format<
Benar,karena kerangka teori penelitian memberikan gambaran utuh struktur penelitian yang dilengkapi dengan hubungan antara hal-hal yang diteliti
Salah, karena pendahuluan dan latar belakang dituliskan untuk memberikan dasar dipilihnya topik tertentu
Salah karena sesuai dengan namaya “Kerangka teori”, maka dalam kerangka teori tidak dibutuhkan praktek


17. Pertimbangan berapa waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan pada saat peneliti menentukan ....

Silahkan Pelajari modul 3 Kb 1

 A. topik masalah 
 B. desain penelitian 
 C. metode penelitian 
 D. analisis penelitian 

Salah, karena topik masalah tidak selalu berkaitan dengan ketersediaan waktu
Benar karena waktu merupakan salah satu dari tiga hal yang harus diperhatikan pada saat menentukan desain penelitian di luar apa yang ingin diketahui dan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang diperlukan
Salah, karena metode diturunkan dari desain penelitian
Salah, karena analisis penelitian tidak boleh dipengaruhi ketersediaan waktu


18. Untuk memastikan bahwa data yang digunakan dalam penelitian valid adalah sebagai berikut, kecuali ....

Silahkan pelajari modul 3 KB 1

 A. data yang berasal dari sumber sekunder 
 B. data statistik yang diterbitkan oleh departemen pemerintah 
 C. data dari hasil penelitian sebelumnya 
 D. data dari sumber yang tidak jelas 

Salah, karena sumber data sekunder dapat saja memiliki data yang valid
Salah, karena pada umumnya data statistik yang diterbitkan departemen pemerintah merupakan data resmi yang dapat dipertanggungjawabkan
Salah, karena dapat terjadi data penelitian penelitian tersebut valid
Benar, karena ketidakjelasan sumber data dapat menyebabkan data tidak valid


19. Penelitian yang menggunakan desain: O X O menunjukkan bahwa desain penelitian yang digunakan ....

Silahkan pelajari modul 3 Kb 2

 A. termasuk desain korelasional antara dua variabel 
 B. adalah desain diagramatik antar observasi dan perlakuan 
 C. mempunyai satu kelompok yang diobservasi dua kali 
 D. merupakan desain skematik antar observasi dan perlakuan 

Salah, karena desain penelitian korelasional memperlihatkan hubungan yang saling mempengaruhi
Salah, karena desain diagramtik merujuk pada semua jenis desain eksperimental, tidak khusus untuk OXO
Benar, karena “X” mewakili satu kelompok dan “O” mewakili dua observasi yang dilakukan
Salah, karena desain skematik merujuk pada kaiatan antara satu tindakan dengan tindakan lainnya


20. Desain eksperimental yang menunjukkan bahwa dalam satu penelitian terdapat dua kelompok dimana satu kelompok mendapat perlakuan dan diobservasi setelah perlakuan sementara kelompok yang satu yang juga non-ekuivalen tidak mendapat perlakuan namun diobservasi pada waktu yang sama dengan kelompok perlakuan, dapat digambarkan sebagai berikut ....

      
Silahkan pelajari modul 3 Kb 3

 A. O X1 O 
 B. R X O R O 
 C. X1 O X2 O 
 D. R O X O R OXO


Salah,karena desain O X1 O X2 O tidak dikenal
Benar, karena “R” mewakili kelompok, “X” mewakili perlakuan, dan “O” mewakili observasi
Salah, karena desain X1 O X2 O tidak dikenal
Salah, karena desain ini mencerminkan dua kelompok, dua perlakuan, dan dua observasi


21. Ketidakcermatan dalam memilih kelompok dalam suatu penelitian dapat menyebabkan terjadinya ancaman terhadap validitas ....
      
Silahkan pelajari modul 3 KB 3

 A. histori 
 B. maturasi 
 C. instrumentasi 
 D. regresi statistikal 

Salah karena histori merujuk pada terjadinya sesuatu terhadap lingkungan subjek penelitian akibat jarak pengambilan data
Salah karena maturasi merujuk pada kemungkinan perubahan pada diri subjek yang diteliti
Salah karena instrumentasi merujuk pada perubahan alat ukur, cara mengukur, kriteria pengukuran, atau perubahan observer yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran selain perlakuan yang diberikan
Benar karena ketidak-cermatan dapat mengakibatkan pengaruh perlakuan tidak dapat dilihat dengan benar


22. Desain penelitian yang merupakan kombinasi dari dua desain ES (Eksperimental Sejati) dikenal juga sebagai ....
      
Silahkan pelajari modul 3 KB 3

 A. desain Pretest-Posttest Control Group 
 B. desain Posttset-only Control-Group 
 C. desain Kelompok Empat ala Solomom (KES) 
 D. desain Kelompok Kontrol Tes Awal dan Akhir (KKTAA) 

Salah karena desain ini hanya melibatkan dua kelompok
Salah karena desain ini hanya melibatkan dua kelompok
Benar karena desain ini menggunakan empat kelompok
Salah karena desain ini hanya menggunakan dua kelompok


23. Situasi dimana subjek penelitian tahu bahwa ia terlibat dalam eksperimen sehingga respon yang diberikan disesuaikan dengan penafsiran subjek tersebut terhadap tujuan penelitian, dikenal sebagai ....
      
Silahkan pelajari modul 3 Kb 3

 A. efek histori 
 B. efek Rosenthal 
 C. efek Hawthorne 
 D. efek Novelty 

Salah karena efek histori merujuk pada terjadinya suatu peristiwa di lingkungan subjek selama penelitian berlangsung yang mempengaruhi respon subjek terhadap penelitian
Salah karena efek Rosenthal terjadi pada saat peneliti secara tidak sengaja memberi pertanda aktif yang mengubah perilaku subjek penelitian
Benar karena efek Hawthorne terjadi pada saat subjek terpengaruh oleh persepsi dia tentang penelitian bukan karena perlakuan yang diberikan dalam penelitian
Salah karena kebaruan (novelty) dalam penelitian ternyata lebih berpengaruh daripada perlakuan penelitian itu sendiri


24. Pada situasi dimana penelitian mungkin memiliki dampak destruktif terhadap objek yang diteilti, apa yang harus dilakukan peneliti? ....

      
Silahkan pelajari modul 4 KB 1

 A. menggunakan data sekunder 
 B. tidak melanjutkan penelitian 
 C. menarik sampel dari populasi objek yang diteliti 
 D. mencari alternatif untuk mengurangi dampak 

Salah karena penentuan data yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan penelitian
Salah karena ada cara untuk meminimalkan dampak destruktif
Benar karena penarikan sampel dapat memperkecil dampak destruktif
Salah karena dampak inilah yang akan diteliti


25. Perhatikan gambar berikut. Gambar ini menunjukkan penarikan acak dengan cara ....

Silahkan Pelajari modul 4 Kb 2

 A. sampel acak sederhana 
 B. sampel acak berlapis 
 C. sampel acak klaster 
 D. sampel acak dua tahap 

Salah karena tidak semua anggota populasi memiliki kesempatan sama untuk terpilih sebagai sampel
Benar karena sampel yang diambil secara acak dari masing-amasing lapisan sebanding dengan ukuran lapisannya
Salah karena sampel tidak ditarik dari populasi yang telah dikelompokkan terlebih dahulu
Salah karena penarikan sampel hanya dilakukan satu kali


26. Menentukan sampel dengan bantuan potongan-potongan kertas kecil untuk mewakili sampel, dikenal sebagai teknik penarikan sampel ....
      
Silahkan pelajari modul 4 Kb 2

 A. acak sederhana 
 B. acak berlapis 
 C. acak kluster 
 D. acak probabilitas 

Benar karena dalam penarikan sampel acak sederhanan semua anggota populasi memiliki kesampatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel
salah karena pada penarikan sampel acak berlapis, penarikan sampel dilakukan berdasarkan ukuran lapisannya
Salah karena pada penarikan sampel acak kluster, penarikan sampel dilakukan dari populasi yang telah dikelompokkan terlebih dahulu
Salah karena pada sampel acak dua lapis, penarikan sampel dilakukan melalui sampel acak kluster ditambah memilih secara acak sampel dari masing-maisng kluster


27. Langkah ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis adalah ....
      
Silahkan pelajari modul 4 Kb 2

 A. tentukan ukuran sampel 
 B. identifikasi variabel yang akan diteliti 
 C. buat strata yang diperlukan 
 D. kelompokkan anggota populasi berdasarkan lapisan 

Benar karena ini adalah langkah ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis setelah menentukan populasi yanag akan diteliti
Salah karena mengidentifikasi variabel yang akan adalah langkah ke tiga
Salah karena membuat strata yang diperlukan adalah langkah ke empat
Salah karena mengelompokkan anggota populasi berdasarkan lapisan adalah langkah ke lima


28. Penarikan sampel yang paling tepat untuk penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi pada matapelajaran Matematika yang diajar melalui metode pembelajaran “X” di satu sekolah adalah….
      
Silahkan pelajari modul 4 KB 2

 A. sampel acak sederhana 
 B. sampel acak proporsional 
 C. sampel acak klaster 
 D. sampel acak dua lapis 

Salah karena penarikan sampel acak sederhana tidak dapat mewakili kelas rendah dan kelas tinggi
Salah karena dalam penarikan sampel tidak dikenal sampel acak proporsional
Benar karena dengan sampel acak klaster maka kelas rendah dan kelas tinggi dapat dipilih sebagai sampel
Salah karena penarikan sampel cukup dilakukan satu kali


29. Pemilihan sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan dan kebutuhan dikenal sebagai ...

Silahkan pelajari modul 4 Kb 2


 A. sampel purposif 
 B. sampel sistematis 
 C. sampel kuota 
 D. sampel aksidental 

Salah karena sampel purposif merujuk pada dilakukannnya penarikan sampel atas dasar pengetahuan dan pertimbangan pribadi peneliti
Salah karena dalam sampel sistematis anggota sampel dipilih, misalnya, berdasarkan nomor tertentu dari populasi yang telah diberi nomor urut
Benar karena sampel kuota dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan peneliti terhadap kategori atau sifat tertentu
Salah karena sampel aksidental adalah pemilihan sampel yang secara tidak sengaja ada di lokasi yang ditentukan


30. Prediksi yang dilakukan Gallup terhadap kandidat presiden Amerika dengan sampel yang cukup besar ternyata meleset karena ....

      
Silahkan pelajari modul 4 Kb 2

 A. kesalahan instrumen 
 B. kesalahan teknik pengumpulan data 
 C. kesalahan mendefinisikan populasi 
 D. kesalahan penentuan sampel 

Salah karena instrumen yang digunakan sudah sesuai
Salah karena teknik pengumpulan data yang dilakukan sudah sesuai
Benar karena populasi yang ditargetkan tidak melibatkan pemilih yang tidak mencatatkan nomor teleponnya
Salah karena kesalahan utama terjadi pada penentuan populasi


31. Pertanyaan “Bagaimana pendapat Anda terhadap sikap guru yang melakukan demonstrasi guru?” hendaknya dihindari dalam penelitian karena ....

Silahkan pelajari modul 4 Kb 2

 A. tidak semua guru melakukan demontrasi 
 B. tidak semua guru bersedia menjadi responden 
 C. pertanyaan ini dapat diartikan beda oleh orang yang berbeda 
 D. pertanyaan ini terkait erat dengan empati guru 

Salah karena meskipun semua guru terlibat demosntrasi hal ini tidak ada hubungannya dengan pertanyaan penelitian
Salah karena kesediaan menjadi responden tidak ada kaitannya dengan pertanyaan penelitian
Benar karena pertanyaan penelitian dapat diartikan beda oleh orang yang berbeda
Salah karena empati guru tidak hubungannya dengan pertanyaan penelitian


32. Di jenjang konstrak, konsep “disiplin” perlu dijabarkan ke dalam serangkaian ciri-ciri/sifaf yang diamati dan dinilai kedisiplinannya dari aspek, misalnya ....

Silahkan pelajari modul 5 Kb 1

 A. kecepatan ybs dalam mengetik 
 B. jam pulang dan masuk kantor 
 C. rutinitas kegiatan dalam rapat 
 D. tinggi badan 

Salah karena kecepatan tidak mencerminkan kedisiplinan
Benar karena waktu datang dan pulang staf mencerminkan kedisiplinan ybs terhadap waktu
Salah karena rutinitas tidak mencerminkan kedisiplinan
Salah karena tinggi badan staf tidak ada kaitannya dengan disiplin


33. Salah satu upaya untuk menjamin bahwa responden dapat mengisi atau menjawab kuesioner dengan benar adalah melalui ....

Silahkan pelajari modul 5 Kb 2

 A. menanyakan tentang fakta 
 B. mengajukan pertanyaan tertutup 
 C. memberi petunjuk pengisian kuesioner 
 D. menggunakan format yang mudah dipahami 

Salah karena menanyakan tentang fakta saja tidak akan membantu responden dalam menjawab kuesioner
Salah karena pertanyaan tertutup dapat membingungkan responden
Benar karena petunjuk pengisian kuesioner akan menuntun responden untuk memahami kuesioner sebelum dan pada saat mengisi kuesioner
Salah karena penggunaan format tertentu memerlukan penjelasan agar dipahami responden


34. Pada jenis wawancara apa tidak dibutuhkan pedoman wawancra yang detail tetapi cukup semacam rencana umum untuk menanyakan pendapat atau komentar responden tentang suatu topik? ....

Silahkan pelajari modul 5 Kb 3

 A. wawancara terstruktur 
 B. wawancara terukur 
 C. wawancara tak terstruktur 
 D. wawancara tak terukur 

Salah karena pada wawancara tersetruktur pertanyaan secara rinci sudah dicantumkan dalam pedoman wawancara
Salah karena istilah wawancara terukur tidak dikenal
Benar karena pada wawancara tak terstruktur pewawancara memiliki kebebasan untuk menggali lebih dalam jawaban responden
Salah karena istilah wawancara tak terukur tidak dikenal


35. Jika seorang peneliti ingin mencatat kelakuan-kelakuan luar biasa yang dinilai penting dari objek yang ditelitinya maka digunakan alat yang dikenal sebagai ....

Silahkan pelajari modul 5 Kb 4

 A. anecdotal records 
 B. catatan berkala 
 C. check list 
 D. rating scale 

Benar karena anecdotal records berisi kejadian penting selama observasi
Salah karena pada catatan berkala ada kesan umum selama observasi
Salah karena kejadian sudah ditentukan terlebih dahulu
Salah karena apa yang akan diamati sudah ditentukan dan observasi ditujukan untuk menilai bagaimana kegiatan dilakukan


36. Mirrors for Bahavior and Evaluating Classroom Instruction merupakan salah satu contoh dari ....
      
Silahkan pelajari modul 5 Kb 4

 A. format check list 
 B. format rating scale 
 C. format catatan berkala 
 D. format observasi standar 

Salah karena MBECI tidak hanya sekedar check list
Salah karena MBECI berisi lebih dari hanya sekadar skala penilaian
Salah karena MBECI tidak diisi dengan menuliskan kesan umum observer
Benar karena MBCEI sudah dibakukan dan digunakan di banyak penelitian


37. Validitas yang dikatakan sebagai prosedur validasi yang paling kuat adalah ....

Silahkan pelajari 5 kb 5

 A. validitas permukaan 
 B. validitas kriteria 
 C. validitas konstrak 
 D. validitas isi 

Salah karena validitas permukaan dibuat berdasarkan kesan ilmiah peneliti terhadap alat ukurnya
Salah karena meskipun validitas kriteria membutuhkan paling dua konsep untuk mengukur validitas tetapi validitas kriteria tidak terlalu ruit
Benar karena pada validtras konstrak dibutuhkan indikator yang lebih lengkap untuk menentukan tingkat validitasnya
Salah (lihat butir B)


38. Tiga aspek penting dalam reliabilitas mencakup ....
     
Silahkan pelajari modul 5 KB 5

 A. dapat digunakan, dapat direplikasi, dapat dihitung 
 B. dapat dihitung, dapat diramalkan, dapat dibuktikan 
 C. dapat diandalkan, dapat diramalkan, menunjukkan ketepatan 
 D. dapat diandalkan, dapat direplikasi, menunjukkan ketepatan 

Salah karena replikasi bukan ukuran reliabilitas
Salah karena dihitung bukan ukuran reliabilitas
Benar karena ke tiga hal ini yang membuat alat yang digunakan mantap
Salah karena replikasi bukan ukuran reliabilitas


39. Untuk mendapatkan pengukuran yang valid sekaligus reliabel, peneliti dapat melakukan ....

Silahkan pelajari modul 5 KB 5

 A. mendahulukan kebenaran konstrak dari variabel yang diteliti 
 B. mengembangkan alat ukur yang tepat untuk mnegukur konsep yang benar 
 C. memperhatikan dengan teliti keandalan alat yang dikembangkan 
 D. menggunakan alat yang sudah pernah digunakan peneliti sebelumnya 

Salah karena konstrak yang benar tetapi tidak diikuti keandalan alat pengukur kurang memberikan hasil yang optimal
Benar karena keduanya (reliabel dan valid) harus dimiliki oleh alat ukur
Salah karena keandalan alat ukur belum menjamin validtdas konstrak
Salah karena alat ukur yang sudah ada dapat tidak sesaui dengan variabel yang akan diteliti


40. Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah ....

Silahkan pelajari modul 6 kb 1

 A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut 
 B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan 
 C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa 
 D. perilaku siswa pada matapelajaran sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
Salah karena yang menjadi masalah adalah penerapan pola pembelajaranX bukan pembelajaran Sejarah
Salah karena bukan nilai matapelajaran Sejarah yang mempengaruhi pola pembelajaran tetapi sebaiknya
Benar karena masalahnya adalah pengaruh penerapan pola pembelajaran terhadap nilai matapelajaran Sejarah
Salah karena bukan perilaku yang ingin diketahui tetapi inilai matapelajaran Sejarah


41. Nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sekolah dasar diukur berdasarkan ....
      
Silahkan pelajari modul 6 KB 1

 A. skala nominal 
 B. skala ordinal 
 C. skala interval 
 D. skala rasio 

Salah karena nilai skala nominal tidak menunjukkan identitas yang menerangkan perbadaan satu nilai dengan nilai lainnya
Benar karena pengukuran dengan skala ordinal dilakukan jika kita mempunyai asumsi bahwa nilai dari suatu variabel yang diukur dapat diurutkan dati yang terkecil/tereendah sampai yang terbesar/tertinggi
Salah karena skala interval menunjukkan perbedaan, posisi, dan jarak suatu nilai dengan nilai lainnya
Salah karena nilai pada skala rasio menunjukkan perbadaan neilai tersebut dari nilai absolut nol


42. Teknik pengolahan data yang memungkinkan peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pada sejumlah sampel dari suatu populasi, dinamakan teknik anaisis ....

Silahkan pelajari modul 6 Kb 1

 A. statistik deskriptif 
 B. statistik inferensial 
 C. koefisien korelasi 
 D. tingkat signifikansi 

Salah karena teknik statistik deskriptif tidak memungkinkan dilakukannya penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang didapat dari sampel
Benar karena statistik inferensial yang biasa disebut analisis uji hipotesis memungkinkan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil uji yang dilakukan
Salah karena koefisien korelasi hanya satu bagian dari statistik inferensial
Salah karena tingkat signifikasi hanya satu bagian dari statistik inferensial


43. Berikut ini tip yang diberikan Eckhardt & Erman (1977) untuk membuat laporan penelitian yang jelas dan mudah di pahami ....
      
Silahkan pelajari modul 6 Kb 2

 A. sajikan informasi dengan cara yang sistematis untuk memperlihatkan bahwa peneliti memahami masalah 
 B. gunakan istilah/ jargon abstrak untuk memperkaya mutu laporan 
 C. tuangkan dengan jelas hakekat dan hasil penelitian sesuai dengan target pembaca yang dituju 
 D. gunakan bahasa ilmiah sehingga laporan memeberikan kesan ilmiah yang kental 

salah, berkaitan dengan sajian informasi dalam laporan penelitian, Eckhadrt & Erman (1977) menyatakan bahwa yang diperlukan adalah penyajian yang sistematis sehingga pembaca mudah melihat kaitan informasi yang satu dengan yang lain
salah, Eckhardt & Erman (1977) justru menekankan pentingnya membatasi penggunaan istilah/jargon abstrak yang tidak diperlukan yang jika di gunakan justru akan membebani pembaca
benar, Eckhardt & Erman (1977) menyatakan bahwa hakikat dan hasil penelitian perlu di tuangkan dengan jelas sesuai karakteristik target pembaca
salah, terkait dengan penggunaan bahasa, Eckhardt & Erman (1977) menekankan perlunya penggunaan bahasa yang baku yang membuat struktur kalimat, pilihan kata, dan ejaan tidak menimbulkan masalah bagi pembaca


44. Untuk masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah:

Silahkan pelajari modul 6 Kb 2

 A. penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut 
 B. nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan 
 C. penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran Sejarah siswa 
 D. perilaku siswa pada matapelajaran Sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan 

Salah karena yang menjadi masalah adalah penerapan pola pembelajaranX bukan pembelajaran Sejarah
Salah karena bukan nilai matapelajaran Sejarah yang mempengaruhi pola pembelajaran tetapi sebaiknya
Benar karena masalahnya adalah pengaruh penerapan pola pembelajaran terhadap nilai matapelajaran Sejarah
Salah karena bukan perilaku yang ingin diketahui tetapi inilai matapelajaran Sejarah


45. Bagian dalam laporan penelitian yang berisi informasi tentang prosedur rinci yang ditempuh untuk mengumpulkan data, bagaimana instrumen dikembangkan, bagaimana validasi terhadap instrumen, dan bagaimana pengadministrasiannya adalah .....

Silahkan pelajari modul 6 KB 2

 A. sumber data 
 B. cara pengumpulan data 
 C. teknik pengukuran variabel 
 D. teknik analisis 

Salah karena bagian “Sumber Data” menjelaskan cakupan dan kemungkinan generalisasi hasil penelitian
Salah karena bagian “Cara Pengumpulan Data” menjelaskan berbagai cara yang ditempuh dalam pengumpulan data penelitian
Benar karena bagian “Teknik Pengukuran Variabel” atau “Instrumentasi” dijelaskan variabel apa yang akan diukur dengan instrumen tertentu
Salah karena bagian “Teknik Analisis” dijelaskan cara menganalisis data penelitian


46. Pedoman yang dapat diikuti untuk menyejikan temuan penelitian yang komunikatif, antara lain ...

Silahkan pelajari modul 6 Kb 2

 A. tampilkan hasil uji statistik yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan pembaca 
 B. gunakan tabel dan gambar saja untuk memudahkan pembaca memahami temuan penelitian 
 C. sajikan data (nominal) yang dapat menarik perhatian diikuti dengan prosesntase untuk memudahkan 
 D. sajikan dahulu gambaran umum populasi atau sampel penelitian baru diikuti dengan sajian hasil analisis data 

Salah karena apapun hasil pengujian harus disampakan kepada pembaca, laporkan hasil apapun temuannya
Salah karena pada situasi tertentu, narasi lebih mudah dipahami daripada tabel atau gamgar dan tebal atau gambar yang tidak disipakan dengan matang dapat menyebabkan ketidakjelasan
Salah karena apapun hasil penelitian dapat dibuat menarik dengan analisis yang matang
Benar karena urutan ini memberikan cukup persiapan kepada pembaca untuk masuk ke temuan dan analisis hasil penelitian


47. Sebagai titik awal diadakannya penelitian, masalah perlu dideskripsikan secara ....

Silahkan pelajari modul 6 KB 2

 A. jelas dan menarik untuk mencuri perhatian pembaca 
 B. hati-hati dalam bentuk pertanyaan maupun pernyataan 
 C. akurat dan didukung berbagai pendapat atau bukti empirik 
 D. terang dan lugas agar mudah digunakan sebagai pedoman 

Salah karena masalah dapat menjadi menarik karena esensinya dan bukan ditujukan semata-mata untuk menarik perhatian pembaca
Salah karena kehati-hatian saja tidak cukup untuk mendeskripsikan masalah
Benar karena ketepatan formulasi masalah dan bukti penunjang membuat masalah dapat berdiri kokoh
Salah karena terang dan lugas saja tidak cukup menjadikan masalah sebagai titik awal penelitian


48. Dalam mendeskripsikan sumber data untuk laporan penelitian, peneliti harus memperhatikan dampak dari informasi yang diberikan terhadap ...

Silahkan pelajari modul 6 KB 2

 A. tujuan penelitian 
 B. sumber data itu sendiri 
 C. nilai yang dianut masyarakat 
 D. reaksi pembaca terhadap laporan penelitian tersebut 

Salah karena dampak dari informasi terhadap tujuan penelitian merupakan target dilakukannya penelitian
Benar karena hasil penelitian selayaknya tidak merugikan sumber data yang terlibat dalam penelitian
Salah karena pilihan kata dan kalimat dalam laporan harus memperhatikan nilai yang dianut di masyarakat
Salah karena reaksi pembaca merugikan salah satu yang dituju dalam penulisan laporan penelitian


49. Faktor sebagian besar pembaca pada saat membaca laporan hasil penilaian adalah pada ...

Silahkan pelajari modul 6 KB 2

 A. latar belakang 
 B. tinjauan pustaka 
 C. metode penelitian 
 D. temuan penelitian 

Salah karena bagian latar belakang kadang diasumsikan sebagai pengantar suatu penelitian
Salah karena bagian tinjauan pustaka kadang diasumsikan kurang menukik pada hasil penelitian
Salah karena bagian metode penelitian merupakan bagian dari laporan penelitian yang bersifat teknis
Benar karena nilai suatu penelitian dilihat dari analisis terhadap temuan tersebut


50. “Secara umum tingkat kemandirian siswa kelas VI SD X bervariasi, mulai dari kurang sampai dengan kuat, tidak ada satupun yang mempunyai tingkat kemandirian sangat kuat”. Dalam penelitian, pernyataan tersebut merupakan ....
      
Silahkan pelajari modul 6 KB 2

 A. diskusi 
 B. kesimpulan 
 C. saran 
 D. rekomendasi 

Salah karena diskusi pada umumnya terdapat bahasan temuan penelitian
Benar karena kalimat tersebut merupakan salah satu temuan
Salah karena saran pada umumnya menyertakan serangkaian tindakan yang perlu diambil berdasarkan temuan penelitian
Salah karena rekomendasi pada umumnya menyertakan serangkaian tindakan yang perlu diambil

Artikel Terkait

Previous
Next Post »