Soal Latihan Mandiri Pengantar Ilmu Pemerintahan IPEM4111

Juni 17, 2017

Soal Latihan Mandiri Pengantar Ilmu Pemerintahan (IPEM 4111)

1. Menurut Aristoteles, bentuk pemerintahan Politea adalah pemerintahan yang dikendalikan oleh

 A. satu orang yang mengutamakan kepentingan orang banyak
 B. satu orang yang mengutamakan kepentingan sekelompok orang saja
 C. banyak orang yang mengutamakan kesejahteraan umum
 D. banyak orang yang mengutamakan kesejahteraan kelompok tertentu

SALAH, pemerintahan yang dikendalikan oleh satu orang demi kepentingan orang banyak disebut monarkhi
SALAH, pemerintahan yang dikendalikan oleh satu orang demi kepentingan sekelompok orang disebut tirani
BENAR, menurut Aristoteles, politea adalah pemerintahan yang dikendalikan oleh banyak orang demi kepentingan orang banyak
SALAH, Politea memang dikendalikan oleh banyak orang namun bukan hanya menyejahterakan kelompok tertentu saja


2. Pada abad pertengahan, fungsi pemerintah adalah sebagai

 A. menyewakan tanah kepada satu orang atau keluarga tertentu, yang kemudian melahirkan feodalisme
 B. menyewakan pabrik kepada satu orang atau keluarga tertentu, yang kemudian melahirkan industrialisme
 C. memfasilitasi kepentingan masyarakat industri dan masyarakat petani
 D. melayani kepentingan masyarakat banyak untuk kesejahteraan

BENAR, fungsi pemerintah pada abad pertengahan baru pada tahap menyewakan tanah kepada satu orang atau keluarga tertentu, yang kemudian melahirkan para tuan tanah
SALAH, fungsi pemerintah pada abad pertengahan bukan untuk menyewakan pabrik
SALAH, fungsi pemerintah pada abad pertengahan bukan untuk memfasilitasi kepentingan masyarakat industri dan masyarakat petani
SALAH, fungsi pemerintah pada abad pertengahan bukan untuk melayani kepentingan masyarakat banyak


3. Kameralistik dapat dikatakan sebagai cikal bakal tumbuhnya ilmu pemerintahan, dengan alasan

 A. Negara diwajibkan menciptakan lembaga yang mendorong tumbuhnya persaudaraan di antara warga negaranya
 B. Negara diwajibkan mengurusi lapangan pekerjaan dan pangan sebagai indikator kemakmuran rakyat
 C. Pentingnya pembagian bidang-bidang urusan dalam parlemen
 D. Pentingnya pembagian kekuasaan dalam penyelenggaraan kekuasaan Negara

SALAH, titik tolak kameralisme bukan dari kewajiban Negara untuk menciptakan lembaga Negara
BENAR, titik tolak kameralisme berawal dari pentingnya Negara dalam mengurusi lapangan pekerjaan dan pangan yang dianggap krusial pada waktu itu
SALAH, titik tolak kameralisme bukan berawal dari pentingnya pembagian bidang-bidang urusan dalam parlemen
SALAH, titik tolak kameralisme bukan berasal dari konsep pembagian kekuasaan


4. Verenigde Oost Indische Compagnie merupakan bentuk pemerintahan swasta di Indonesia yang ditandai oleh

 A. mengubah Jayakarta menjadi dan mengangkat seorang gubernur jenderal sebagai penguasa tunggal dengan tujuan mendapatkan laba yang sebesar-besarnya
 B. mengubahJayakarta menjadi Batavia dan terjadi pengambil alihan seluruh asset pemerintahan kepada kerajaan Belanda dengan tujuan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya
 C. dicanangkannya sasaran memperbaiki kehidupan bagi kaum pribumi, yakni dengan membuka kesempatan belajar di negeri Belanda
 D. dicanangkannya program pembangunan jalan raya dari Anyer sampai ke Panarukan demi kelancaran distribusi pangan bagi kaum pribumi

BENAR, pemerintahan swasta ditandai dengan tujuan mendapatkan laba sebesar-besarnya
SALAH, pemerintahan swasta tidak bertujuan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya
SALAH, pemerintaha swasta tidak membuka kesempatan belajar di negeri Belanda
SALAH, pemerintahan swasta tidak memikirkan kelancaran distribusi pangan bagi kaum pribumi


5. Konsep pemerintah sebagai pelayan, berarti

 A. pemerintah tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurusi kesejahteraan dan penghidupan warga negaranya
 B. pemerintah lebih memperhatikan tumbuhnya industri, yang cenderung memberi untung dibandingkan sektor lain yang tidak menguntungkan
 C. pemerintah lebih banyak mengurusi kesejahteraan dan penghidupan warga negaranya
 D. pemerintah lebih banyak mengurusi kepentingan politik dalam dan luar negeri

SALAH, pemerintah sebagai pelayan tidak ada alasan ubtuk mengatakan tidak ada waktu mengurusi kesejahteraan dan penghidupan warganya
SALAH, pemerintah sebagai pelayan bukan hanya sekedar mengurusi sektor yang menguntungkan, justru sektor kesejahteraan warga yang diutamakan
BENAR, pemerintah sebagai pelayan sangat memperhatikan urusan kesejahteraan dan penghidupan warga negaranya
SALAH, konsep pemerintah sebagai pelayan tidak ada kaitannya dengan politik dalam dan luar negeri


6. Ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi Negara memiliki objek materia yang sama, yaitu

 A. eksekutif
 B. legislatif
 C. daerah
 D. negara

SALAH, eksekutif tidak dapat disebut sebagai objek materia ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi Negara
SALAH, legislatif tidak dapat disebut sebagai objek materia ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi Negara
SALAH, daerah tidak dapat disebut sebagai objek materia ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi Negara
BENAR, Negara merupakan objek materia ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi negara


7. Perkembangan ilmu pemerintahan pada tahap keenam ditandai dengan digunakannya metodologi ilmu pemerintahan oleh ilmu-ilmu lainnya. Hal ini berarti

 A. tidak ada keterkaitan yang erat antara ilmu pemerintahan dengan ilmu yang lain
 B. keterkaitan antara ilmu pemerintahan dengan ilmu yang lain hanya sebatas pada konsep pemikiran, belum bisa diterapkan dalam penelitian.
 C. Konsep, teori, dan metodologi ilmu pemerintahan dapat digunakan untuk mengkaji gejala ilmu lain
 D. Konsep, teori, dan metodologi ilmu pemerintahan hanya untuk dikonsumsi oleh ilmu pemerintahan itu sendiri.

SALAH, dengan telah menggunakan metodologi ilmu pemerintahan berarti telah terjadi keterkaitan antar ilmu
SALAH, dengan telah digunakannya metodologi ilmu pemerintahan berarti dapat diterapkan dalam penelitian, bukan hanya sebatas pemikiran
BENAR, dengan telah menggunakan metodologi ilmu pemerintahan berarti telah digunakan pula konsep dan teori ilmu pemerintahan
SALAH, dengan telah digunakannya metodologi ilmu pemerintahan bukan berarti bahwa ilmu pemerintahan hanya untuk konsumsi sendiri melainkan dapat dipakai oleh ilmu-ilmu lainnya.


8. Hubungan pemerintahan vertical dapat diilustrasikan sebagai

 A. Pemerintah menjadi produsen, dan rakyat menjadi produsen pula
 B. Pemerintah menjadi produsen, sedangkan rakyat menjadi konsumen
 C. Pemerintah sebagai pemegang otoritas kekuasaan, dan rakyat sebagai pemilik mandate kekuasaan<
 D. Pemerintah sebagai pemegang otoritas kekuasaan, dan rakyat taat menjalankan perintah-perintah dari pemerintah

SALAH, hubungan tersebut dikategorikan sebagai hubungan horizontal
SALAH, hubungan tersebut dikategorikan sebagai hubungan horizontal
SALAH, hubungan tersebut tidak dapat dikategorikan hubungan pemerintahan
BENAR, hubungan tersebut dapat dikategorikan sebagai hubungan vertical pemerintahan


9. Persamaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu politik, yaitu

 A. keduanya mengkaji masalah elit pemerintahan
 B. keduanya mengkaji masalah birokrasi pemerintahan
 C. persamaan dalam hal objek forma, yakni kekuasaan
 D. persamaan dalam hal objek materia, yakni negara

SALAH, persamaan ilmu politik dan ilmu pemerintahan dilihat dari objek materianya, bukan dari bidang kajiannya
SALAH, persamaan ilmu politik dan ilmu pemerintahan dilihat dari objek materianya, bukan dari bidang kajiannya
SALAH, persamaan ilmu politik dan ilmu pemerintahan dilihat dari objek materianya, bukan dari bidang kajiannya
BENAR, terdapat persamaan objek materi antara ilmu politik dan ilmu pemerintahan, yakni Negara.


10. Jika ilmu hukum tata Negara cenderung menitikberatkan pada hukum dan peraturan yang telah ditegakkan dalam hubungan pemerintahan, maka ilmu pemerintahan lebih cenderung memfokuskan diri pada

 A. hubungan yang terjadi pada gejala dari peristiwa pemerintahan<
 B. pembahasan pada fungsi input dalam sistem politik
 C. bagaimana keputusan politik itu dibuat
 D. lembaga-lembaga pemerintahan daerah

BENAR, fokus interest (kepentingan) ilmu pemerintahan terletak pada bahasan tentang hubungan yang terjadi pada gejala peristiwa pemerintahan
SALAH, fungsi input merupakan fokus kepentingan ilmu politik
SALAH, bagaimana keputusan politik dibuat merupakan pembahasan ilmu politik
SALAH, lembaga-lembaga pemerintahan daerah merupakan bidang kajian ilmu administrasi negara


11. Pemerintahan dapat terbentuk secara evolusioner, yang berarti bahwa

 A. pemerintahan terbentuk dan ada di dunia karena memang suratan takdir dari Tuhan YME
 B. pemerintahan sebagai hasil proses penyesuaian manusia terhadap perubahan lingkungannya agar tetap bertahan
 C. pemerintah ada sebagai hasil dari proses penaklukan, seperti yang terjadi pada suku Barbar
 D. pemerintah terbentuk dan ada sebagai hasil kesepakatan di antara warga masyarakat

SALAH, takdir tidak dapat dikategorikan sebagai proses evolusi
BENAR, penyesuaian diri dapat dikategorikan sebagai proses evolusi
SALAH, penaklukan tidak dapat dikatakan sebagai proses evolusi
SALAH, kesepakatan antar warga tidak dapat dikatakan sebagai proses evolusi


12. Konsep akuntabilitas dapat didefinisikan sebagai

 A. kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya
 B. kemampuan pemerintah dalam merespon aspirasi masyarakat
 C. keterbukaan pemerintah dalam menyusun setiap kebijakan politiknya
 D. keterlibatan pemerintah dalam menyusun kebijakan pemerintah

BENAR, akuntabilitas terkait kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas yang diamanatkan rakyat kepadanya
SALAH, akuntabilitas berbeda dengan kemampuan merespon aspirasi masyarakat
SALAH, akuntabilitas berbeda dengan prinsip keterbukaan
SALAH, akuntabilitas berbeda dengan prinsip partisipasi


13. “Government” berbeda maknanya dengan “governance”. Pengertian “government” lebih menunjuk pada fungsi yang dijalankan oleh suatu organ tertinggi dalam masyarakat. Sedangkan “governance” cenderung diartikan sebagai

 A. tata kelola pemerintahan
 B. tata laksana pemerintahan
 C. transparansi pemerintahan
 D. partisipasi pemerintahan

BENAR, “governance” berarti bagaimana melakukan tata kelola pemerintahan
SALAH, “governance” kurang tepat diartikan sebagai tata kelola pemerintahan
SALAH, “governance” kurang tepat hanya diartikan sebagai transparansi pemerintahan
SALAH, “governance” kurang tepat hanya diartikan sebagai partisipasi pemerintahan


14. Asal-usul konsep kewarganegaraan berakar sejak masa Yunani kuno, yakni ketika dilakukan kegiatan kenegaraan berupa

 A. demokrasi langsung, dimana yang memiliki hak pilih adalah semua penduduk Athena
 B. demokrasi langsung, dimana yang memiliki hak pilih hanya kaum laki-laki keturunan Athena asli
 C. demokrasi perwakilan, dimana yang memiliki hak pilih adalah kaum laki-laki dan perempuan dewasa Athena
 D. demokrasi perwakilan dimana yang memiliki hak pilih adalah kaum urban Athena

SALAH, cikal bakal warga Negara bukan berasal dari hak pilih tidak untuk semua penduduk Athena
BENAR, hak pilih hanya untuk kaum laki-laki, yang kemudian melahirkan konsep warga Negara
SALAH, cikal bakal warga Negara bukan berasal dari demokrasi perwakilan
SALAH, cikal bakal warga Negara bukan berasal dari demokrasi perwakilan


15. Menurut konsep yang diperintah terdapat elemen masyarakat sipil, di mana anggotanya dapat melakukan kegiatan secara

 A. otoriter
 B. otonom
 C. dependen
 D. tertutup

SALAH, kegiatan dalam masyarakat sipil tidak otoriter
BENAR, kegiatan dalam masyarakat sipil bersifat otonom
SALAH, kegiatan dalam masyarakat sipil bersifat independent, bukan dependen<
SALAH, kegiatan dalam masyarakat sipil tidak bersifat tertutup


16. Secara umum, organisasi pemerintahan berbentuk formal, hal ini mengakibatkan organisasi pemerintahan cenderung

 A. strukturrnya sukar berubah dan menentang perubahan
 B. strukturnya fleksibel dan mengikuti perkembangan
 C. sangat responsive dan fleksibel
 D. sangat proaktif dan mengikuti perkembangan

BENAR, organisasi pemerintahan strukturnya sukar berubah dan menentang perubahan
SALAH, organisasi pemerintahan tidak fleksibel dan tidak mengikuti perkembangan seperti organisasi bisnis
SALAH, organisasi pemerintahan kurang responsive dan kurang fleksibel
SALAH, , organisasi pemerintahan kurang proaktif, namun cenderung reaktif


17. Prinsip fungsionalisasi pada organisasi pemerintahan bertujuan untuk

 A. mempermudah penyusunan visi dan misi organisasi pemerintahan
 B. menentukan tujuan dan sasaran organisasi pemerintahan
 C. membagi habis seluruh pekerjaan sampai tidak ada sisanya dan tidak terjadi perebutan pekerjaan
 D. menyatukan langkah dan gerak organisasi pemerintahan

SALAH, fungsionalisasi bukan untuk mempermudah penyusunan visi dan misi organisasi pemerintahan
SALAH, fungsionalisasi bukan untuk menentukan tujuan dan sasaran organisasi pemerintahan
BENAR, fungsionalisasi bertujuan untuk membagi habis pekerjaan dan agar tidak terjadi perebutan pekerjaan
SALAH, fungsionalisasi tidak secara langsung menyatukan langkah dan gerak organisasi pemerintahan


18. Kewenangan perencanaan, pengendalian, dan pengawasan organisasi pemerintahan yang bertipe organisasi garis berada di

 A. bagian kepegawaian
 B. pimpinan menengah
 C. pimpinan biro
 D. satu tangan pimpinan puncak

SALAH, organisasi garis dikendalikan oleh satu orang
SALAH, organisasi garis bukan dikendalikan oleh pimpinan menengah<
SALAH, organisasi garis bukan dikendalikan oleh pimpinan biro
BENAR, organisasi garis dikendalikan oleh satu tangan


19. Output dari hasil pelaksanaan fungsi pengorganisasian dari manajemen pemerintahan adalah

 A. rencana dan target organisasi pemerintahan
 B. organisasi dan sumber daya pemerintahan
 C. hasil dan produk organisasi pemerintahan
 D. hasil dan informasi tentang pemerintahan

SALAH, rencana dan target adalah output perencanaan
BENAR, organisasi dan sumber daya adalah output pengorganisasian
SALAH, hasil dan produk adalah output penggerakan
SALAH, hasil dan informasi adalah output pengawasan


20. Gaya manajemen pemerintahan yang paling tepat diterapkan pada abad 21 adalah

 A. organisasi pemerintahan cenderung melayani diri sendiri, karena pemerintah memiliki kekuasaan yang sangat besar
 B. organisasi pemerintahan yang diminati adalah yang berbentuk gemuk, karena banyak menyerap tenaga kerja
 C. hubungan antara pemimpin dan pengikutnya cenderung hierarkhis, dan didukung oleh kekuatan fisik yang besar <
 D. peranan pemerintah akan semakin berkurang, namun pengawasan dan pengendalian akan diperkuat

SALAH, organisasi pemerintahan dibentuk untuk melayani masyarakat, bukan melayani diri sendiri
SALAH, organisasi pemerintahan cenderung bernbentuk ramping, yang memudahkan dalam pengambilan keputusan
SALAH, hubungan antara pemimpin dan pengikut cenderung heterarkhis dari pada hierarkhis
BENAR, peranan pemerintah akan semakin berkurang, namun pengawasan dan pengendalian cenderung diperkuat


21. Dalam Negara yang menganut paham demokrasi, penyelesaian konflik yang terjadi dalam masyarakat ataupun dalam pemerintahan dilakukan dengan cara

 A. penggunaan kekerasan, karena Negara diperbolehkan memakai kekerasan dalam menyelesaikan konflik
 B. penggunaan metode intimidasi, karena Negara diperbolehkan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata untuk menyelesaikan konflik
 C. penerapan prinsip debat kusir, karena Negara memiliki monopoli sumber-sumber informasin>terpercaya
 D. penerapan prinsip konsensus, dengan tujuan meminimalisir terjadinya kekerasan dalam setiap penyelesaian konflik

SALAH, dalam Negara demokrasi tidak diperbolehkan penggunaan kekerasan untuk menyelesaikan konflik
SALAH, dalam Negara demokrasi tidak diperbolehkan menggunakan intimidasi atau kekerasan untuk menyelesaikan konflik
SALAH, debat kusir tidak akan menyelesaikan masalah dalam mengatasi konflik
BENAR, prinsip consensus merupakan prinsip demokrasi dalam mengatasi konflik yang mungkin terjadi


22. Dalam rangka penerapan konsep demokrasi konstitusional, peran Negara mengalami perkembangan sehingga diibaratkan sebagai Negara Kesejahteraan, yang menggambarkan peran Negara sebagai

 A. penanggungjawab terciptanya kesejahteraan rakyat
 B. penanggungjawab terciptanya perdamaian
 C. pelayan urusan-urusan keamanan
 D. pelayan urusan-urusan politik

BENAR, Negara kesejahteraan berkewajiban menciptakan dan menaikkan kesejahteraan rakyat
SALAH, konsep Negara kesejahteraan bukan menitikberatkan pada perdamaian
SALAH, konsep Negara kesejahteraan bukan menitikberatkan pada pelayanan urusan keamanan
SALAH, konsep Negara kesejahteraan bukan menitikberatkan pada urusan politik<


23. Ciri yang menonjol dari pemerintahan orde lama adalah

 A. besarnya dominasi partai politik dan berkembangnya pengaruh komunisme dalam pemerintahan
 B. besarnya dominasi partai politik dan melemahnya pengaruh komunisme dalam pemerintahan
 C. besarnya dominasi presiden dan berkembangnya pengaruh komunisme dalam pemerintahan
 D. besarnya pengaruh presiden dan melemahnya pengaruh komunisme dalam pemerintahan

SALAH, cirri yang menonjol dari pemerintahan orde lama bukan pada dominasi partai politik
SALAH, ciri yang menonjol dari pemerintahan orde lama bukan pada melemahnya pengaruh komunisme
BENAR, ciri yang menonjol dari pemerintahan orde lama adalah adanya dominasi presiden dan berkembangnya pengaruh komunisme
SALAH, ciri yang menonjol dari pemerintahan orde lama bukan pada melemahnya pengaruh komunisme


24. Bila Negara menghendaki rakyatnya ikut aktif dalam pemerintahan maka sebaiknya pemimpin pemerintahan melakukan

 A. sentralisasi
 B. otokrasi
 C. demokratisasi
 D. dekonsentrasi

SALAH, partisipasi rakyat tidak tepat bila system pemerintahannya sentralisasi
SALAH, pemerintahan otokratis kurang menghendaki partisipasi rakyat dalam pemerintahan
BENAR, demokratisasi mengehndaki partisipasi aktif masyarakatnya
SALAH, dekonsentrasi kurang tepat jika dikaitkan dengan partisipasi rakyat


25. Teknik kepemimpinan persuasive dilakukan oleh pemimpin dengan tujuan

 A. memberikan motivasi kepada bawahan
 B. memberikan contoh keteladanan kepada bawahan
 C. mengajak bawahan untuk melaksanakan tugasnya dengan kemauan sendiri
 D. mengajak bawahan untuk melaksanakan tugasnya jika ada perintah dari atasan

SALAH, teknik persuasif tidak tepat dikaitkan dengan motivasi
SALAH, teknik persuasive tidak tepat dikaitkan dengan keteladanan
BENAR, teknik persuasive dilakukan untuk mengajak bawahan agar bekerja dengan kemauan sendiri
SALAH, teknik persuasif bukan bertujuan agar bawahan hanya menunggu perintah atasan


26. Filsafat Marxisme merupakan perkembangan lebih lanjut dari aliran

 A. idealisme yang dikemukakan oleh Hegel
 B. komunisme yang dikembangkan oleh Karl Marx
 C. kristianisme yang dikembangkan oleh Augustinus
 D. kritisme yang dikembangkan oleh Imanual Kant

BENAR, Filsafat Marxisme bertolak dari pemikiran Hegel tentang idealisme
SALAH, filsafat Marxisme bukan bertolak dari komunisme
SALAH, filsafat Marxisme bukan bertolak dari aliran kristianisme yang berkembang di abad pertengahan
SALAH, filsafat Marxisme bukan bertolak dari aliran kritisme


27. Peradaban yang berkembang di dunia Barat merupakan reorientasi dari pemikiran yang terjadi di masa Yunani kuno, sehingga ada yang mengatakan bahwa peradaban yang terjadi di Barat tidak lebih dari

 A. menjiplak pemikir-pemikir Yunani
 B. meniru pemikiran filosof
 C. catatan kaki (footnotes) pemikiran Plato
 D. goresan pena Plato

SALAH, istilah menjiplak pemikir-pemikir Yunani tidak tepat untuk menggambarkan peradaban Barat
SALAH, isitilah meniru pemikiran filosof tidak tepat untuk menggambarkan peradaban Barat
BENAR, istilah catatan kaki Plato sangat tepat untuk menggambarkan sejarah peradaban Barat
SALAH, goresan pena Plato tidak tepat untuk menggambarkan peradaban Barat


28. Berbeda dengan Plato, Aristoteles membenarkan adanya hak milik individu, karena menurut Aristoteles hak milik penting sebagai sarana untuk

 A. mengakumulasi kekayaan individu yang akan berimbas pada kesejahteraan
 B. memberikan tanggung jawab bagi seseorang untuk mempertahankan keberlangsungan kehidupan sosial
 C. memberdayakan orang kaya untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum
 D. membedakan status antara orang kaya dan orang miskin

SALAH, menurut Aristotelas hak milik bukan semata untuk mengakumulasi kekayaan
BENAR, menurut Aristotelas hak milik memberikan tanggung jawab untuk mempertahankan keberlangsungan kehidupan social
SALAH, menurut Aristotelas hak milik bukan untuk memberdayakan orang kaya dalam pemilu
SALAH, menurut Aristotelas hak milik bukan membedakan status orang kaya dan orang miskin


29. Etika berbeda dengan ajaran moral. Jika ajaran moral berisi wejangan, khotbah, dan peraturan tentang bagaimana manusia harus bertindak, maka etika lebih merupakan

 A. bersumber dari ajaran agama
 B. tradisi masyarakat tertentu
 C. ajaran ideologi yang diyakini oleh suatu bangsa
 D. pemikiran kritis dan mendasar dari ajaran moral

SALAH, etika tidak tepat dikatakan sebagai sumber ajaran agama
SALAH, etika bukan merupan tradisi masyarakat tertentu
SALAH, etika buka merupakan ajaran ideologi suatu bangsa
BENAR, etika merupakan pemikiran kritis dan mendasar dari ajaran moral


30. Seorang Inspektur Jenderal (Irjen) mempunyai kewenangan untuk melakukan audit, penyelidikan atau mengeluarkan laporan atas penyimpangan yang terjadi di suatu departeman. Laporan para Irjen tersebut disampaikan kepada

 A. BPK
 B. DPR
 C. KPK
 D. Tipikor

SALAH, laporan para Irjen bukan disampaikan kepada BPK
BENAR, laporan para Irjen disampaikan kepada DPR sebagai pengawas politik
SALAH, laporan para Irjen bukan disampaiakn kepada KPK
SALAH, laporan para Irjen bukan disampaikan kepada Tipikor


31. Dilaksanakannya pembangunan berwawasan lingkungan merupakan penerapan dari disiplin ilmu

 A. ekonomi pemerintahan
 B. etika pemerintahan
 C. ekologi pemerintahan
 D. pembangunan pemerintahan

SALAH, ekonomi pemerintahan tidak memfokuskan diri pada pembangunan berwawasan lingkungan
SALAH, etika pemerintahan tidak memfokuskan diri pada pembangunan berwawasan lingkungan
BENAR, ekologi pemerintahan memfokuskan diri pada lingkungan pemerintahan, termasuk pembangunan berwawasan lingkungan
SALAH, pembangunan pemerintahan tidak memfokuskan diri pada pembangunan berwawasan lingkungan


32. Menurut ekologi pemerintahan, perbatasan wilayah negara yang berbentuk sungai cenderung kurang baik, karena

 A. sungai cenderung stabil, tidak mengikuti arus, dan mudah diseberangi sehingga memudahkan mobilisasi penduduk
 B. sungai dapat berpindah-pindah atau berubah arus, dan sering menimbulkan konflik perbatasan
 C. sungai yang dalam cenderung stabil arusnya dan memiliki kekayaan alam yang melimpah
 D. sungai merupakan jalur transportasi antar negara yang tidak dapat diandalkan

SALAH, batas sungai kurang baik bukan karena mudahnya terjadi mobilisasi penduduk
BENAR, batas sungai kurang baik karena arus sungai berubah-ubah dan sering menimbulkan konflik
SALAH, batas sungai kurang baik bukan karena kekayaan alam yang melimpah
SALAH, batas sungai kurang baik bukan karena sungai merupakan jalur transportasi yang bisa diandalkan


33. Dalam ekologi pemerintahan, keberadaan lembaga perekonomian dikategorikan sebagai

 A. lingkungan fisik pemerintahan
 B. lingkungan sosial pemerintahan
 C. pedoman dalam bernegara
 D. pedoman dalam berperilaku

SALAH, lembaga perekonomian bukan dikategorikan sebagai lingkungan fisik pemerintahan
BENAR, lembaga perekonomian dikategorikan sebagai lingkungan fisik pemerintahan
SALAH, lembaga perekonomian bukan dikategorikan sebagai pedoman dalam bernegara
SALAH, lembaga perekonomian bukan dikategorikan sebagai pedoman dalam berperilaku


34. Istilah teknokrasi didefinisikan sebagai

 A. para ahli yang bekerja di bidang pemerintahan
 B. para ahli yang menguasai teknologi pemerintahan
 C. sistem pemerintahan yang dikendalikan oleh teknokrat
 D. sistem pemerintahan yang dikendalikan oleh kaum aristokrat

SALAH, teknokrasi bukan istilah yang tepat untuk para ahli yang bekerja di bidang pemerintahan
SALAH, teknokrasi bukan istilah yang tepat untuk para ahli yang menguasai teknologi
BENAR, teknokrasi adalah sistem pemerintahan yang dikendalikan oleh teknokrat
SALAH, teknokrasi bukan sistem pemerintahan yang dikendalikan oleh kaum aristokrat


35. Contoh yang tepat pengembangan e-Gov, yang bertipe Government to Employee (G to E) adalah

 A. pengembangan aplikasi informasi lowongan kerja berbasis internet
 B. pengembangan aplikasi layanan kuaota naik haji berbasis internet
 C. layanan data dan informasi wrga Negara asing yang tinggal di Indonesia berbasis internet
 D. pengelolaan tunjangan kesehatan PNS berbasis internet

SALAH, contoh tersebut tidak tepat untuk tipe G to E
SALAH, contoh tersebut tidak tepat untuk tipe G to E
SALAH, contoh tersebut tidak tepat untuk tipe G to E
BENAR, contoh tersebut tepat bagi pengembangan aplikasi yang bertipe G to E


36. Dalam konsep komunikasi pemerintahan, yang menerima pesan disebut

 A. komunikator
 B. komunikan
 C. komunitas
 D. komunikasi

SALAH, yang menerima pesan bukan disebut komunikator
BENAR, yang menerima pesan disebut komunikan
SALAH, yang menerima pesan bukan disebut komunitas
SALAH, yang menerima pesan bukan disebut komunikasi


37. Salah satu bentuk komunikasi pemerintahan dua arah antara pemerintah dan masyarakat yang berkaitan dengan penyusunan kebijakan pemerintahan adalah

 A. kampanye politik
 B. pidato politik
 C. dengar pendapat umum
 D. ceramah umum

SALAH, kampanye bukan bangian dari penyusunan kebijakan pemerintahan
SALAH, pidato politik bukan bagian dari proses penyusunan kebijakan pemerintahan
BENAR, dengar pendapat umum merupakan bagian dari proses penyusunan kebijakan pemerintahan
SALAH, ceramah umum bukan bagian dari proses penyusunan kebijakan pemerintahan


38. Dalam komunikasi pemerintahan, proses komunikasi sekunder dilakukan untuk menembus batas ruang dan waktu antara komunikator dan komunikan, oleh karena itu untuk menjembataninya dibutuhkan adanya

 A. pesan komunikasi
 B. efek komunikasi
 C. informasi komunikasi
 D. media komunikasi

SALAH, pesan komunikasi bukan bagian dari unsur proses komunikasi sekunder
SALAH, efek komunikasi bukan bagian dari unsur proses komunikasi sekunder
SALAH, informasi komunikasi bukan bagian dari unsur proses komunikasi sekunder
BENAR, media komunikasi merupakanb bagian dari unsur proses komunikasi sekunder


39. Konsep administrasi pemerintahan berasal dari administrasi yang dapat diartikan sebagai

 A. melayani pihak yang lebih rendah, yakni pemimpin
 B. melayani pihak yang lebih tinggi, yakni rakyat
 C. memimpin pihak yang lebih rendah, yakni rakyat
 D. memimpin pihak yang lebih tinggi, yakni atasan

SALAH, administrasi bukan melayani pihak yang lebih rendah kedudukannya
BENAR, administrasi berarti melayani rakyat yang memiliki kedudukan lebih tinggi
SALAH, administrasi bukan berarti memimpin rakyat
SALAH, administrasi bukan berarti memimpin pihak yang lebih tinggi


40. Menurut Weber,legitimasi model birokrasi yang bertipe dominasi kharismatik bersumber pada

 A. waktu
 B. kepribadian
 C. aturan formal
 D. aturan informal

SALAH, waktu bukan sumber legitimasi model birokrasi tipe dominasi kharismatik
BENAR, kepribadian merupakan sumber legitimasi model birokrasi tipe kharismatik
SALAH, aturan formal bukan sumber legitimasi model birokrasi tipe dominasi kharismatik
SALAH, aturan informal bukan sumber legitimasi model birokrasi tipe dominasi kharismatik


41. Model birokrasi yang ideal yang dikemukakan oleh Max Weber diadopsi dari model birokrasi di Negara

 A. Rusia
 B. Jerman
 C. Perancis
 D. Saudi Arabia

SALAH, Weber tidak mengadopsi model birokrasi Rusia
BENAR, Weber mengadopsi model birokrasi Jerman
SALAH, Weber tidak mengadopsi model birokrasi Perancis
SALAH, Weber tidak mengadopsi model birokrasi Saudi Arabia


42. Implikasi yang terkandung dalam pengertian kebijaksanaan pemerintahan adalah

  1. adanya pilihan kebijakan yang akan ditempuh
  2. output kebijakan yang akan mempengaruhi masyarakat
  3. dampak kebijakan yang mungkin ditimbulkan

Jawaban yang benar 1,2,, dan 3, karena implikasi kebijakan mencakup pilihan kebijakan, output kebijakan, dan dampak kebijakan


43. Keberhasilan implementasi kebijakan pemerintahan dipengaruhi oleh

  1.isi kebijakan
  2. bentuk peraturan
  3. tingkat kepatuhan masyarakat

Jawaban yang benar 1 dan 3, keberhasilan implementasi kebijakan dipengaruhi oleh isi kebijakan dan tingkat kepatuhan masyarakat. BEntuk peraturan tidak mempengaruhi implementasi kebijakan


44. Keterkaitan antara komunikasi pemerintahan dan kebijakan pemerintahan, tidak hanya terjadi pada level penyusunan dan implementasi kebijakan namun juga pada tahap evaluasi kebijakan, yang dapat dilakukan dengan cara

  1. branistorming
  2. analisis survey
  3. penyebaran angket

Jawaban 1, 2, dan 3 benar, evaluasi kebijakan dapat dilakukan dengan cara brainstorming, analisis survey, dan penyebaran angket.


45. Misi birokrasi pembangunan adalah menjalankan pemerintahan adalah

  1. pembangunan
  2. pelayanan
  3. adaptasi

Jawaban yang benar 1 dan 3, misi pembangunan menyangkut masalah pembangunan dan adaptasi terhadap lingkungan internal dan eksternal. Sedangkan pelayanan terkait pada misi birokrasi yang lain.




Sumber Latihan Mandiri Universitas Terbuka

Artikel Terkait

Previous
Next Post »